Antisipasi Tragedi Tulap, Komisi D DPRD Manado Usulkan Pembentukan Polisi Pantai

Ketua Komisi D DPRD Manado, Richard Sualang.(foto:okemanado/rep4)

Ketua Komisi D DPRD Manado, Richard Sualang.(foto:okemanado/rep4)

MANADO, OKE–Komisi D DPRD Manado, melalui Ketua Komisi Richard Sualang mengusulkan dibentuknya tim penyelamat, di sejumlah tempat wisata pantai. Usulan ini disampaikan Sualang, sebagai bentuk keprihatinan dan ungkapan bela sungkawa atas tragedi Pantai Tulap yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Saya kira, hal ini mesti menjadi pelajaran berharga bagi kita semua, termasuk masyarakat, pemerintah dan pihak legislatif, bahwa setiap lokasi wisata, harus dibentuk semacam polisi pantai, atau tim penyelamat,” ungkap Sualang.

Dia menjelaskan, hal ini akan sangat membantu masyarakat untuk berwisata dengan nyaman.

“Tugas mereka yakni mengawasi keselamatan para pengunjung. Seandainya bencana terjadi, mereka bisa bertindak cepat dalam memberi pertolongan, sebelum dibawa ke rumah sakit,” terang Sualang.

Tak hanya itu, mereka juga berperan dalam membatasi para pengunjung untuk tidak berenang ke area pantai yang berbahaya.

“Contohnya, di wilayah pantai yang berbahaya, karena memiliki arus kuat, bisa dipasang tanda larangan seperti bendera hitam berlambang tengkorak. Hal itu berguna sebagai peringatan kepada para pengunjung pantai untuk tidak mendekati area tersebut,” ungkap Sualang kembali.

Terkait hal ini, dirinya meminta kepada pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Manado untuk segera mungkin menindaklanjuti hal tersebut. Mengingat, intensitas para pengunjung di kawasan pantai terus meningkat, sementara kondisi cuaca yang tak menentu bisa membuat situasi di pantai menjadi sangat berbahaya.(rep4)

Comments

comments

Posted by on 27 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *