Pemkab Bolmong Sosialisasi PPIP

Bupati Salihi okodongan memebrikan sambutan pada pembukaan sosialisasi(foto: hms)

Bupati Salihi okodongan memebrikan sambutan pada pembukaan sosialisasi(foto: hms)

LOLAK, OKE – Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) merupakan Program Pembangunan Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan akses hidup masyarakat miskin, hampir miskin, dan kaum perempuan termasuk kaum minoritas dalam rangka pelayanan infrastruktur pedesaan berbasis pendekatan pemberdayaan masyarakat, keberpihakan kepada orang miskin partisipatif, penguatan kapasitas kelembagaan dan keswadayaan serta kesetaraan gender.

Atasa dasar itu, Dinas PU Perumahan dan Sumber Daya Air Bolmong melaksanakan sosialisasi PPIP, Jumat(24/5) di aula kantor.

Sosialisasi dibuka secara resmi Bupati Hi Salihi Mokodongan dan turut dihadiri oleh Anggota Komisi 5 DPR RI, Drs Hj Yasti Suprejo Mokoagow,

Dalam sambutan Anggota Komisi 5 DPR RI Dra Hj Yasti Suprejo Mokoagow, menekankan, jika dirinya telah menargetkan tahun 2013 melalui APBN perubahan seluruh desa di Bolmong memperoleh alokasi dana PPIP.

“Saat ini telah 98 persen desa yang ada di Bolmong Raya memperoleh alokasi dana PPIP tersebut,” kata Yasti.

Selaku Mantan Ketua Komisi V yang yang bermitra dengan kementrian PU, Yasti menegaskan bahwa dalam penyelenggaraan kegiatan tidak dibenarkan adanya pungutan dalam bentuk apapun, dengan tetap mengacu pada aturan yang ada.

Sementara itu Bupati Bolmong Salihi Mokodongan mengungkapkan Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) harus mampu dipahami oleh setiap pelaku terkait sekaligus mampu memiliki kemampuan dalam melaksanakan prinsip dasar program PPIP itu sendiri.

Penekanan itu diutarakan salihi saat membuka sosialisasi PPIP di kantor Dinas PU Perumahan dan SDA Bolmong, Jumat(24/5).

Kemampuan itu lanjutnya, tetap harus berada dalam kerangka mengedepankan transparansi, akuntabilitas serta danya ruang partisipasi masyarakat, dalam penentuan program prioritas kegiatan desa.

“Olehnya proses perencanaan dan penganggaran sebagai tahap awal sangat menetukan dalam penyusunan rencana dan alokasi anggaran kegiatan desa harus melibatkan masyarakat yang paling mengetahui apa yang menjadi kebutuhan desa,” papar Salihi.

Pada kesempatan itu, mewakili Pemkab Bolmong dan masyarakat, Bupati menyampaikan terima kasih kepada Anggota Komisi V DPR RI, Dra Hj Yasti Suprejo Mokoagow yang telah membantu pemerintah dan masyarakat Bolaang Mongondow, sehingga program yang sangat penting bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat ini bisa dirasakan oleh masyarakat desa baik di Bolaang mongondow maupun Provinsi Sulut pada umumnya.

Selain Yasti, sosialisasi turut dihadiri Kepala Satuan Kerja PPIP Provinsi Sulut Ir Robby Simbar, Sekdakab Bolmong Drs Farid Asimin MAP, Komisi II DPRD Bolmong Marthen Tangkere SE dan Faisal Ani, pimpinan SKPD lingkup Pemkab Bolmong,seluruh Camat dan Sangadi dan perangkat desa yang memperoleh alokasi dana PPIP.(hms/Knb)

Comments

comments

Posted by on 26 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Bumi Totabuan,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *