Komisi D DPRD Manado Sorot Penanganan Gepeng dan Orang Cacat

Komisi D DPRD Manado melalui Jeanne Rumimpunu menyoroti masalah penanganan gepeng dan orang cacat di Kota Manado.(foto: orang cacat-okemanado/rep4, Jeanne Rumimpunu-DPRD Manado@fb)

Komisi D DPRD Manado melalui Jeanne Rumimpunu menyoroti masalah penanganan gepeng dan orang cacat di Kota Manado.(foto: orang cacat-okemanado/rep4, Jeanne Rumimpunu-DPRD Manado@fb)

MANADO, OKE—Fenomena para gelandang, pengemis dan orang cacat yang masih terlihat di Manado, bukanlah hal baru lagi. Pantauan okemanado.com, hampir di setiap jalan, mereka bisa ditemui. Meski kehadiran mereka kerap menimbulkan simpati dan empati, tak sedikit pula yang kesal. Tak hanya itu, jumlah mereka yang kian banyak ini cukup menyebabkan sulitnya penanganan. Tak heran bila hingga sekarang, pemerintah sering kelabakan mengurusi masalah ini.

Komisi D DPRD Manado melalui personil komisi Jeanne Rumimpunu ketika dimintai keterangannya mengatakan, masalah ini butuh keseriusan. Pasalnya, sudah sekitar 5  tahun lalu, masalah ini dikritisi dan hingga kini belum pula dituntaskan.

“Mestinya mereka disediakan sarana dan lokasi penampungan. Sambil melihat kemampuan apa saja yang dimiliki, lalu ditunjang. Jangan membiarkan mereka berkeliaran seperti tak punya rumah,” ungkapnya.

Selain disediakannya sarana, penanganannya bisa ditempuh pemerintah lewat koordinasi dengan pihak penyandang cacat. Apalagi, sebagian besar dari mereka, tergolong orang cacat yang juga berprofesi sebagai pengemis.

“Mereka diklasifikasi, dan kemudian dibagikan ke yayasan penampungan orang-orang cacat untuk diperhatikan,” ujarnya.

Sementara itu, terkait fakta bahwa mereka sering kembali ke jalanan meski sudah di berada di tempat penampungan, Rumimpunu mengatakan, pentingnya tunjangan akan kemampuan mereka.

“Bila mereka suka berdagang maka difasilitasi. Supaya mereka tidak kembali ke jalan lagi,” tandas Ketua Forum Kota Sehat ini.(rep4)

Comments

comments

Posted by on 26 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *