Agus Martowardojo Jabat Gubernur Bank Indonesia

Agus Martowardojo resmi nahkodai Bank Indonesia(foto: ist)

Agus Martowardojo resmi nahkodai Bank Indonesia(foto: ist)

JAKARTA, OKE – Agus Martowardojo hari ini (25/4), dilantik menjadi Gubernur Bank Indonesia yang baru menggantikan Darmin Nasution yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia selama tiga tahun sepuluh bulan.

Pelantikan yang dilaksanakan di kantor Mahkamah Agung Republik Indonesia, dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Keuangan yang baru Chatib Basri, beberapa direktur perbankan, serta mantan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution.
Agus Martowardojo mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Ketua Mahkamah Agung Dr. Muhammad Hatta Ali, SH, MH sebagai Gubernur Bank Indonesia periode 2013-2018 sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 45/P Tahun 2013. Dengan pelantikan ini Agus resmi memegang kendali Bank Indonesia sebagai otoritas moneter, sistem keuangan dan perbankan dalam negeri.
Mantan Menteri Keuangan yang lulus pada saat fit and proper test dengan catatan oleh Komisi XI DPR RI pada 26 Maret 2013 sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia yang ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini memang telah lama berkecimpung di dunia perbankan nasional. Tercatat sebelum menjadi menteri keuangan pada Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, yang menggantikan posisi Sri Mulyani pada Bulan Mei 2010, Agus merupakan Direktur Utama Bank Mandiri Tbk, sejak tahun 2005.
Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1984 kemudian meneruskan pendidikan di bidang perbankan di State University of New York dan Stanford University di Amerika, lantas melanjutkan ke Institute Banking & Finance, Singapura ini, memulai karir perbankan sebagai petugas program pengembangan di Bank of America, kemudian pindah ke Bank Niaga sebagai Wakil Presiden corporate Banking Group di Surabaya dan Jakarta, setelah itu beberapa jabatan penting di perbankan nasional juga pernah dijabatnya.
by: demsi

Comments

comments

Posted by on 24 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Ekonomi,Nasional. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *