Wabup Sangihe: Tekan Angka Kemiskinan

Jabes Gaghana(foto: Fb@jg)

Jabes Gaghana(foto: Fb@jg)

TAHUNA, OKE – Sebagai salah satu persoalan klasik di negara ini, kemiskinan perlu untuk terus dicarikan solusi alternatif, guna meminimalisirnya.

Salah satu upaya menekan angka kemiskinan, menurut Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana SE, ME adalah dengan meningkatkan kesehatan ibu dan dan anak.

Hal itu diungkapkan Gaghana saat berlangsungnya workshop koordinasi program Nasional Pemberdayaan Masyarakat(PNPM) MPd Generasi Sehat, di hotel Bintang Utara, Tahuna. “

Kesehatan ibu dan anak serta pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk mengurangi kemiskinan dalam pencapaian Milenium Development Goals(MDGs). Karena itu, program ini harus tepat sasaran dan ada evaluasi sehingga ada peningkatan secara angka mengenai kesehatan ibu dan anak serta pendidikan dasar dan menengah,” papar Wabup dua periode ini.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Ratna Lombongngadil mengatakan, di tahun anggaran 2013 ini, workshop akan dilaksanakan di delapan Kecamatan, yaitu Kendahe, Manganitu, Manganitu Selatan, Marore, Tabukan Selatan, Tabukan Selatan Tenggara, Tabukan Tengah dan Tamako.

“Untuk semua kegiatan, menelan total anggaran 4.9 miliar,” terangnya.

Kegiatan PNPM Mpd Generasi sehat dilaksanakan melalui harmonisasi dan pengembangan sistem serta mekanisme dan prosedur program  penyediaan pendampingan dan pengadaan stimulan untuk mendorong masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan.

Kegiatan turut diikuti SKPD terkait, UPDT kesehatan dan pendidikan serta PJOK 8 Kecamatan.(hms/eRa)

Comments

comments

Posted by on 23 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Nusa Utara,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *