Fungsi Kontrol Aparatur di Tingkat Kecamatan dan Kelurahan Harus Dipertegas

J. T Tampi (foto: Idmanado.co/Ein)

J. T Tampi (foto: Idmanado.co/Ein)

Manado, Oke – Sebagai ujung tombak pemerintah, peran camat, lurah dan kepala-kepala lingkungan (pala) dinilai menjadi salah satu tokoh yang paling sentral dalam mengontrol kestabilan keamanan dan politik di kota Manado. Oleh sebab itu, kinerja yang optimal masing-masing aparatur dalam mewujudkan Manado yang semakin baik sangat dibutuhkan. Termasuk dalam mengantisipasi munculnya tindak kriminal yang bisa mengganggu kestabilan keamanan di masyarakat.

“Menciptakan suasana yang kondusif adalah tanggung jawab kita semua. Agar terkontrol dengan baik, peran camat, lurah dan pala harus dioptimalkan,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Manado, J T Tampi, Kamis (23/5).

Lebih lanjut dikatakan Tampi yang ditemui di depan Aula Serba Guna Pemkot Manado, tindakan antisipasi dini merupakan hal utama yang harus dilakukan. Tujuannya, agar tidak memberi ruang atau kesempatan terjadinya proses yang mengakibatkan terganggunya stabilitas keamanan.

“Aktivitas pendatang baru harus dimonitoring, sekurang-kurangnya identitas mereka harus kita kantongi,” sebutnya.

Hal ini perlu kata Tampi demi mencegah masuknya sindikat kejahatan dari luar. “Pencurian, teroris dan narkoba merupakan sebagian dari tindak kejahatan yang perlu kita waspadai,” ujarnya.

Meski demikian, dirinya tetap mengingatkan kepada warga untuk tidak main hakim sendiri. “Jika terjadi, serahkanlah kepada pihak berwajib,” pungkasnya. (Ein)

Comments

comments

Posted by on 23 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *