Walikota Tomohon: Bio Gas Salah Satu Energi Terbarukan

Foto: hms

Foto: hms

TOMOHON, OKE – Bagian Administrasi Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kota Tomohon menggelar acara temu koordinasi pemanfaatan energi alternatif biogas yang dilaksanakan di Balai Benih Pertanian Kelurahan Woloan Dua Kecamatan Tomohon Barat, Rabu (22/5).

Diawali dengan laporan dari kepala bagian administrasi sumber daya alam Jeanet Tumurang, S.Pd, dalam laporannya dikatakan maksud dan tujuan Kegiatan adalah untuk koordinasi, sinkronisasi antar instansi terkait terutama dengan para pelaku usaha dan kelompok tani dalam perlindungan dan konservasi sumber daya alam dan untuk mengurangi dampak perubahan iklim dengan menciptakan energi rumah tangga yang ramah lingkungan.

Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE,Ak, yang membuka acara tersebut, mengatakan bahwa energi biogas adalah salah satu dari beberapa macam sumber energi terbarukan yang diperoleh dari pengelolahan limbah peternakan. Keuntungan dari hasil pengelolahan limbah organik untuk biogas adalah untuk mengurangi emisi gas methan yang merupakan salah satu gas rumah kaca, mengurangi pencemaran lingkungan seperti bau yang tidak sedap dan mencegah penyebaran penyakit, juga dapat menjawab kelangkaan bahan bakar minyak serta dapat meningkatakan ekonomi kerakyatan yang merupakan upaya dalam melestarikan sumber daya alam.

“Diharapkan juga kita sebagai masyarakat termasuk para kelompok tani, akan selalu bersinergitas dengan SKPD terkait/Pemerintah Kota agar nantinya para petani dapat bersama-sama memberikan solusi tentang proses untuk memperoleh dan menggunakan biogas,” tutupnya.

Untuk pembawa materi dalam temu koordinasi tersebut, Assisten administrasi ekonomi dan pembangunan Ir. Ervinz D. Liuw, M.Si, bersama Kepala dinas pertanian, peternakan dan perikanan
Jemmy Matindas, SP.

Hadir dalam acara tersebut yakni para pengurus kelompok tani se-Kota Tomohon, para pejabat Jajaran Pemkot bersama perwakilan dari setipa SKPD(hms/terry)

Comments

comments

Posted by on 22 May, 2013. Filed under Breaking News,Oke Manado,Tomohon. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *