Eks Bendahara Disparbud Manado Dituntut 1 Tahun Penjara, Markus Tojang Sebut JPU Paksakan Enny Jadi Tersangka

Penasehat Hukum, Markus Tojang SH (foto:ibra)

Penasehat Hukum, Markus Tojang SH (foto:ibra)

MANADO, OKE— Mantan Bendahara  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Manado Enny Julie Angelia Umbas dituntut 12 bulan penjara. Tuntutan itu dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Petrus J Sumelang SH di Pengadilan Negeri (PN) Manado, Rabu (22/5).

Sumelang mengungkapkan bahwa terdakwa bersalah melakukan tindak pidana penipuan sesuai pasal 378 KUHP.

“Putusan itu dikurangi masa tahanan yang telah ia jalani dan memerintahkan terdakwa tetap ditahan,” ungkap Petrus dihapan Ketua Majelis Hakim tunggal, Efran Basuning SH Mhum.

Usai pembacaan tuntutan  Markus Tojang SH selaku penasehat hukum terdakwa mengungkapkan, tuntutan JPU tersebut tidak sesuai dengan dakwaan. Menurutnya  masih banyak pihak yang terlibat dalam kasus itu tidak ditarik oleh JPU.

“Kasus ini  diduga JPU memaksakan Umbas menjadi tersangkanya,” ujar Tojang pada pada okemanado.com.

Lebih jauh Tojang menjelaskan, nantinya dalam pledoi (pembelaan) yang akan digelar, Senin (27/5) nanti pihaknya akan menolak seluruh tuntutan JPU. Karena sesuai fakta persidangan tidak ada penjelasan yang mengarah ke terdakwa.

“Mari buka kasus ini secara transparan jangan ada yang ditutup-tutupi atau ada intervensi pihak luar,” terang Tojang, sembari menambahkan apapun yang terjadi saya akan membebaskan klien saya, karena dalam pembelaan nanti ada hal-hal yang baru yang nantinya akan menjadi pertimbangan majelis hakim. (ibra)

Comments

comments

Posted by on 22 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Kriminal,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *