Walikota Tomohon: PBB Dapat Dipaksakan

Sosilisasi PBB Kota Tomohon(foto: hms)

Sosilisasi PBB Kota Tomohon(foto: hms)

TOMOHON, OKE – Sebagai pajak kategori iuran rakyat, Pajak Bumi dan Bangunan(PBB) bersifat memaksakan.

“PBB merupakan salah satu jenis pajak kategori iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang yang dapat dipaksakan dengan tidak mendapat jasa timbal(kontra prestasi) yang langsung dapat ditunjukan dan yang digunakan untuk membayar pengeluaran umum, pengeluaran untuk pembangunan bangsa termasuk daerah Kota Tomohon,” ungkap Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Barang Milik Daerah(DPPKBMD) Ir H V Lolowang MSc.

“Dan saat ini kita telah berada pada triwulan II tahun anggaran 2013 dengan berbagai program pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan,” lanjut Lolowang.

Lolowang mengatakan sosialisasi tentang DHKP PBB Kota Tomohon tahun 2013 ini dalam rangka memberikan pemaparan mengenai PBB secara umum dan persiapan pengalihan PBB menjadi pajak daerah, juga termasuk memberikan pemahaman secara teknis tentang mekanisme tatacara perubahan perbaikan DHKP dan SPPT PBB Tahun 2013 yang bermasalah. Oleh sebab itu, beliau mengharapkan kepada para aparat yang terkait dengan pemungutan PBB untuk dapat mengikuti sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan ini pula, berlangsung penyerahan SPPT-DHKP PBB Kota Tomohon Tahun 2013 kepada para Lurah melalui camat sebagai kolektor Pajak Bumi Bangunan.

Dimintakan kepada para lurah untuk secepatnya menyerahkan SPPT PBB kepada masyarakat sebagai wajib pajak dan menghimbau masyarakat untuk melakukan pelunasan PBB sebelum jatuh tempo tanggal 30 september 2013.

Walikota menginstruksikan kepada dinas terkait untuk segera membentuk tim intensifikasi PBB tingkat kecamatan untuk membantu para lurah dalam hal penagihan PBB.

“Setelah mendengar bahwa ketetapan PBB Kota Tomohon Tahun 2013 mengalami kenaikan sebesar 11,96%, maka dimintakan kepada kita semua terlebih kepada para camat dan lurah untuk kerja keras dalam rangka untuk mempercepat proses pelunasan PBB. Dan bagi Tim Intesifikasi PBB Kota Tomohon , dapat melaksanakan pemantauan langsung di kecamatan dan kelurahan secara terus menerus dan terjadwal,” urai Lolowang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Jajaran Dinas PPKBMD Kota Tomohon, Unsur Pejabat Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado, Para Camat Se-Kota Tomohon dan Para Lurah Se Kota Tomohon.(hms/terry)

Comments

comments

Posted by on 21 May, 2013. Filed under Breaking News,Ekonomi,Tomohon. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *