Pengedar Heroin Asal Thailand Divonis 14 Tahun Penjara

(foto: ist)

MANADO, OKE – Pengedar narkotika golongan I jenis Heroin asal Thailand Thanyapoon Poonthaweep alias Kim divonis 14 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider 4 bulan dalam sidang yang di gelar di Pengadilan Negeri (PN) Manado, Senin (20/5). Menurut Ketua Majelis Hakim Parlindungan Sinaga SH dan anggota majelis Willem Rompies SH serta Verra Lihawa SH MH terdakwa terbukti bersalah mengedarkan  Heroin berat 896,12 gram.

Dalam amar putusan terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 114 ayat (1) Undang-undang  RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Putusan itu lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) M Mansur SH dan Petrus Sumelang SH. Pada tuntutan PJU terdakwa dituntut 15 tahun penjara subsider 6 bulan.

Usai majelis hakim membaca vonis  terdakwa langsung berlutut dan bersujud dihadapan majelis hakim dengan bercucuran air mata agar dapat meringankan hukumannya. Sesuai  yang diterjemahkan Seska Mamahani Spd, bahwa terdakwa meminta agar hukuman dapat diringankan. Atas putusan tersebut JPU juga pikir-pikir.

Diketahui terdakwa tertakap di Bandara Samratulangi Manado, Rabu 12 September 2012 sekitar pukul  13:00 Wita.  Awalnya pada bulan Juli 2012 terdakwa ditemui seseorang yang tidak dikenal yang disebut ‘Bos’ menawarkan kepada terdakwa untuk pergi ke India mengambil tas, setelah tas  sudah ditangannya, ia  kemudian ke Timor Leste dan tujuan Indonesia Manado. (Ibra)

 

Comments

comments

Posted by on 21 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Kriminal,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *