Armindo Pardede Cs Putus Bebas Pelaku Dugaan Penipuan

Terdakwa Pelaku Penipuan Divonis Bebas (foto:ist)

Terdakwa Pelaku Penipuan Divonis Bebas (foto:ist)

MANADO, OKE —  Michael D Lontaan(35) dan saksi pelapor Stenly Wuisan divonis bebas oleh Ketua Majelis Hakim Armindo Pardede SH MAP dan anggota mejelis hakim Novvry Oroh SH serta Verra Lihawa SH MH. Lontaan divonis bebas terkait kasus hutang-piutang dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Manado, Selasa (21/5).

Majelis hakim berpendapat bahwa kasus tersebut masuk ranah perdata bukan pidana. Dimana dalam unsur pembuktian, menurut Majelis Hakim dalam amarnya, unsur dengan sengaja melakukan melawan hukum dalam pengusaannya tetapi bukan kejahatan.

“Sehingga adanya hubungan bisnis antara saksi Stenly dengan adanya surat pernyataan untuk mengembalikan uang, bukti peminjaman, yang awalnya pada 17 Juni 2011, pihak korban memberikan bunga sepihak sebesar Rp 10 persen dan kemudian naik 20 persen bunga per 10 hari,” ungkap hakim anggota Oroh dalam membacakan amar putusan.

Oroh menambahkan adanya bukti jual beli sebanyak 6 mobil sudah diambil oleh saksi korban, dan terdakwa sudah mentrasfer uang pada 27 Januari 2011 sebanyak Rp 20 juta, 28 Januari 2011 Rp20 Juta dan 31 Januari 2011 Rp9 juta dimana ada sebanyak 9 bukti trasferan uang lainnya antara tanggal 31 Januari 2011 sampai 23 Agustus 2011 sehingga sangat jelas keduanya ada hubungan bisnis antara terdakwa dengan saksi pelapor.

“Atas pertimbangan di atas, sehingga majelis hakim berpendapat, melepaskan terdakwa dari segala tuntutan hukum, dikembalikan segala hak dan harkat dan memulihkan nama baik terdakwa,” ujar  hakim ketua dalam vonisnya.

Diketahui, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa dengan pidana penjara 3 tahun, karena diduga melakukan tindak pidana penipuan sesuai Pasal 378 KUHP.

Reporter: Ibrahim Hiola

Comments

comments

Posted by on 21 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Kriminal,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *