SBY : Jaga Kebijakan Fiskal, Chatib Basri Jabat Menkeu

Dr. Chatib Basri. foto : */tmp.co

Dr. Chatib Basri. foto : */tmp.co

JAKARTA, Oke. – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya mengumumkan Chatib Basri sebagai Menteri Keuangan yang baru, menggantikan Agus Martowardojo yang menempati posisi baru sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI). SBY memberi tiga tugas utama kepada Chatib, namun yang utama adalah menjaga kebijakan fiskal Indonesia.

“Dengan mempertimbangkan pengalaman, dedikasi, saya menunjuk Dr. Chatib Basri menjadi Menteri Keuangan yang baru,” kata SBY dalam keterangan persnya di Istana, Jakarta, Senin (20/5). Pelantikan Chatib Basri sebagai Menkeu dijadwalkan Selasa (21/5) besok.

“Dr. Chatib Basri dalam kesempatan fit and proper test, saya sampaikan tugas utama; pertama, menjaga dan mengembangkan, dan menjalankan kebijakan fiskal yang pruden. Penting untuk terjaga,” ucap SBY. Di tengah pergolakan perekonomian dunia, fiskal dalam negeri harus terjaga baik. ”

“Tugas kedua Menteri Keuangan bisa menjadi backup policy, agar investasi terus meningkat. Ini sangat penting agar membawa manfaat yang banyak bagi negara kita,” tambahnya. Tugas ketiga, adalah memberi dukungan kebijakan agar investasi yang ada (termasuk industri) tetap terjaga, tumbuh dengan baik dan pengangguran berkurang.

Chatib Basri sebelumnya menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Pria kelahiran Jakarta, 22 Agustus 1965 lalu, kata SBY, diketahui juga pernah menduduki posisi sebagai staf khusus Menteri Keuangan, juga Wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN). Hingga kini, ia juga aktif sebagai pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Chatib Basri menamatkan pendidikan sarjananya di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (1992). Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di Australia National University dan mendapatkan gelar Master of Economic Development pada tahun 1996. Di 2001 ia memperoleh gelar PhD bidang Ekonomi dari Universitas yang sama. (ok/*/Op-WEP/Mtv/Wki)

Comments

comments

Posted by on 20 May, 2013. Filed under Breaking News,Nasional. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *