PII: Kadar Arsen dan Merkuri di Teluk Buyat Sesuai Standar

Pantai Buyat

Pantai Buyat

MANADO, OKE — Hasil pemantauan lingkungan Teluk Buyat sampai dengan tahun 2012 menunjukan bahwa parameter kualitas lingkungan di wilayah tersebut memenuhi standart yang berlaku secara nasional dan internasional. Kadar arsen dan merkuri pada ikan di teluk buyat dan lokasi acuan tidak menunjukan resiko bagi kesehatan masyarakat. Hal tersebut disampaikan dalam oleh tim pemantau Teluk Buyat atau Panel Ilmiah Independen dalam acara pemantauan dan presentasi public lingkungan Teluk Buyat tahun 2012 yang diselenggarakan Sabtu (18/5) bertempat di hotel Quality Manado.

Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi Gusti Muhamad Hatta di damping Sekretaris Provinsi Sulut S.R Mokodongan. Dalam sambutannya, Menristek memberikan apresiasi baik bagi tim bersama PT Newmont Minahasa Raya yang konsisten dalam melaksanakan pemantauan lingkungan teluk buyat. “Saya mengapresisi baik krja dari tim ini, kualitas teluk buyat berada di bawah baku mutu yang berlaku, kualitas terumbu karang dan makrobenthos meningkat dibaning tahun sebelumnya, saya harap program pemantauan teluk ini bisa berjalan terus hingga tahun 2015 untuk mengkaji kestabilan tailingdan memantau kuaitas lingkungan,” ujar Hatta.

Hal senada disampaikan Mokodongan dimana lingkungan di teluk buyat semakin membaik. Guna menjaga keadaan lingkungan yang lebih baik, Pemprov Sulut juga melakukan pengembangan penelitian dan mengembangkan sistem jejaring inovasi daerah. “Pemprov konsisten dalam mengawal implementasi perjanjian niat baik dengan Pt Newmont Minahasa Raya terkait pemantauan kondisi lingkungan area pembuangan tambang di sekitar Teluk Buyat, saat ini perkembangan lingkungan semakin membaik di dukung komitmen Newmont yang mau memastikan teluk buyat aman dan tidak tercemar,” ujar Mokodongan. (hms)

Comments

comments

Posted by on 20 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *