Fraksi PDIP Dukung Upaya Penertiban Bangunan di Bantaran DAS

Empat anggota Fraksi PDIP yang duduk sebagai wakil rakyat Kota Manado, mendukung upaya Pemkot Manado untuk menertibkan bangunan-banguna di bantaran DAS.(foto:ist)

Empat anggota Fraksi PDIP yang duduk sebagai wakil rakyat Kota Manado, mendukung upaya Pemkot Manado untuk menertibkan bangunan-banguna di bantaran DAS.(foto:ist)

MANADO, OKE–Fraksi PDIP mendorong rekan kerjanya yakni pihak eksekutif agar berupaya menertibkan bangunan-bangunan liar yang belum mengantongi IMB, juga bangunan-bangunan yang didirikan di bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) yang tidak sesuai mekanisme dan aturan RTRW.

Menurut Ketua DPC PDIP, Richard Sualang, pada dasarnya Fraksi PDIP berpatokan pada aturan yang ada, bila menyangkut persoalan-persoalan publik, seperti penertiban bangunan.

“Kan sudah ada perda dan aturan-aturan lain yang bisa digunakan untuk menindaklanjuti hal tersebut. Makanya, kami serahkan sepenuhnya kepada pihak eksekutif untuk menuntaskan masalah ini,” ungkap Ichad sapaan akrabnya.

Dirinya menjelaskan, untuk menertibkan sejumlah bangunan di bantaran DAS, memang ada aturannya sendiri. Apalagi, Perda bangunan yang telah ditetapkan Pemkot Manado, selaras dengan Undang-undang Agraria, yang bisa dipakai sebagai acuan tepat.

Sementara itu, Sekretaris Komisi A Dekot Manado, Markho Tampi, yang juga adalah anggota Fraksi PDIP, ketika dikonfirmasi terkait hal ini mengatakan, sepakat dengan usul Sualang. Apalagi, menurut informasi ada sejumlah bangunan yang belum mengantongi IMB, dan terletak juga di bantaran DAS.

“Beberapa bangunan patut ditertibkan sebenarnya. Parahnya lagi, bila tidak ada surat izin. Bisa-bisa dibongkar bangunan tersebut dibongkar paksa. Ini perlu ditindaklanjuti lebih lanjut lagi,” tandas Tampi seraya menambahkan, laporan serupa sementara ditinjau pimpinan komisi A untuk ditindaklanjuti.(rep4)

Comments

comments

Posted by on 20 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *