Sungai Butuh Penanganan Ekstra

(foto: ist)

(foto: ist)

MANADO, OKE – Masalah membuang sampah ke sungai masih terus diperbincangkan hingga kini. Hal ini disebabkan karena hingga kini kebiasaan buruk tersebut masih sering terjadi padahal, pemerintah selalu mengingatkan kepada warga untuk menjadikan sungai sebagai bagian depan bukannya belakang rumah. Namun, sikap kelalaian masih saja terjadi. Jika kebiasaan membuang sampah ini dibiarkan maka akan berdampak pada tercemarnya area Taman Laut Bunaken.

“Taman laut tercemar, bisa saja berdampak pada menurunnya jumlah kunjunga wisatawan yang bisa juga memberi pengaruh yang kurang baik terhadap penghasilan asli daerah (PAD),” kata Walikota, Dr. Ir. GS. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA.

Menghidari terjadinya dampak lebih besar, pemerintah telah berencana melakukan deklarasi masyarakat cinta sungai (MACIS).

“Ini merupakan salah satu upaya untuk meminimalir pencemaran terhadap taman laut dan termasuk juga dalam mendukung program safe Bunaken,” terang Walikota pilihan rakyat tersebut.

Pendeklarasian ini diharapkan akan dilakukan dalam waktu dekat agar penanganan masalah sampah di sungai akan lebih dini.

“Selain memerangi masalah pencemaran, ini juga bisa dijadikan sebagai upaya pencegahan bencana banjir,” pungkasnya. (Ein)

Comments

comments

Posted by on 19 May, 2013. Filed under Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *