Manado Siap Sambut Verifikasi Adipura Kencana Tahap Akhir

Walikota Manado Vicky Lumentut saat berdiskusi dengan para camat. (foto:hms)

Walikota Manado Vicky Lumentut saat berdiskusi dengan para camat. (foto:hms)

MANADO, Oke — Walikota Manado, Dr. Ir. G. S. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, Jumat 17 Mei 2013, menerima surat dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Nomor: B.5440/Dep IV-4/LH/PPM/05/2013, perihal Verifikasi Adipura Kencana. Isinya adalah tentang tindak lanjut rapat Dewan Pertimbangan Adipura yang dipimpin oleh Bapak Sarwono Kusumaatmaja dan Deputi IV KLH beserta staf pada tanggal 16 Mei 2013 telah di sepakati bahwa kota Medan dan Manado untuk ditinjau kembali. Hal ini diperlukan karena akan dilihat secara komprehensif setelah dilakukan diskusi hasil kunjungan lapangan awal dan evaluasi dokumen terkait dengan aspek beyond compliance. Kunjungan lapangan yang kedua oleh anggota Dewan Pertimbangan Adipura dan anggota tim teknis akan dilaksanakan pada tanggal 18 sampai dengan 19 Mei 2013.

Manado mewakili kota besar sedangkan Medan mewakili kota Metropolitan. Dewan Pertimbangan Adipura dan tim teknis dari Kementrian Lingkungan Hidup yang akan melakukan verifikasi kedua terdiri dari personil yang baru. Setelah menerima surat dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Walikota mengarahkan Kaban BLH, Kadis Kebersihan dan semua Camat agar lebih meningkatkan persiapan untuk kunjungan lapangan yang kedua oleh anggota Dewan Pertimbangan Adipura dan anggota tim teknis dari Kementrian Lingkungan Hidup yang akan melakukan verifikasi kedua. “Mereka ingin melihat secara komprehensif hal yang berkaitan dengan kebijakan dan inovasi-inovasi baru dalam penanganan kebersihan dan keindahan kota,” ujar Walikota.

“Sangat selektif untuk menentukan pemenang Adipura Kencana, sehingga dari tim ada hal yang mereka ingin lihat lagi,” kata Walikota pilihat rakyat ini di hadapan Kaban BLH, Kadis Kebersihan dan Camat-camat. Walikota yang visioner ini berharap kepada masyakat agar mencintai hidup yang bersih dan sehat. “Piala adipura bukan tujuan akhir kita, tujuan akhir kita agar kota Manado bersih dan sehat,” kata Walikota yang selalu membaur dengan masyarakat ini. Menurut Prof. Eko Budiharjo bahwa semua kriteria tentang Adipura Kencana telah dipenuhi oleh kota Manado. “Apa yang dilakukan di Manado tidak hanya ide dan teori, tapi sudah diterapkan,” ujar Prof. Eko saat menanggapi presentasi Walikota pada tanggal 14 Mei 2013. (hms)

Comments

comments

Posted by on 18 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

One Response to Manado Siap Sambut Verifikasi Adipura Kencana Tahap Akhir

  1. Monalisa Reply

    18 May, 2013 at 01:58

    Sukses Kota Manado, menuju Adipura Kencana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *