Ketua PWI Sulut: Wartawan tak Punya Kualitas, Bisa Salah Menulis

Ketua PWI Sulut Joutje Kumayas

Ketua PWI Sulut Joutje Kumayas

MINUT, Oke – Joutje Kumayas selaku Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Utara, mengatakan profesi sebagai wartawan haruslah bersinergi meningkatkan kualitas sumber daya dengan terus menerus tingkatkan keahlian profesi sebagai jurnalis. “Ini sesuai tuntunan jaman, dengan cepatnya akses informasi didapat bisa disaji ke bentuk berita untuk menjangkau pembaca. Bila wartawan tak punya kualitas, bisa salah menulis,” jelas Kumayas, Jumat (16/5/2013)

Selain itu, menurut Kumayas, seorang jurnalis harus bisa menilai sebuah berita yang layak atau tak layaknya untuk diberitakan. “Ini mengacu pada Undang-undang nomor 40 yang menyatakan wartawan dapat menilai suatu berita,” kata Kumayas. Penilaian berita yang dimaksud tersebut, adalah apakah berita itu nantinya bisa menimbulkan bentrok sosial atau bisa merugikan semua pihak, apalagi ketergantungan informasi dari masyarakat sangat tinggi.”Disinilah wartawan menilai berita, dan bisa menjadi filter pemberitaan,” tandas Kumayas. (obi)

Comments

comments

Posted by on 18 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Minahasa,Minahasa Utara. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *