13 Pecatur Indonesia Ikuti Kejuaraan Catur Kontinental

Medina Warda Aulia.  foto : ist/*

Medina Warda Aulia. foto : ist/*

MANILA, Oke. – Sebanyak 13 pecatur tim nasional Indonesia pada Sabtu (18/5/2013) pukul 15.00 waktu Manila mulai bertanding di Kejuaraan Catur Kontinental Asia Terbuka Piala Manny Pacquiao 2013 di Metro Manila, Filipina.

Pecatur putri andalan Indonesia, Medina Warda Aulia yang bergelar Master Internasional, berada di peringkat ke-10 berdasarkan rating yang ia peroleh, yakni 2320.

Unggulan pertama di bagian putri adalah pecatur China, Tan Zhongyi, yang memiliki rating 2483.

Unggulan kedua juga dari China, Huang Qian, dengan rating 2469. Lawan berat Medina juga dari Mongolia, Vietnam, Kazakhstan, dan India.

Pelatih catur timnas Indonesia asal Rusia, Ruslan Scherbakov, mengatakan, berat bagi Medina untuk memanjat di posisi di atas sepuluh besar.

“Untuk sampai ke lima besar itu sulit sekali. Ya kita lihat lagi nanti,” katanya. Bukan juara yang dikejar Medina, namun merebut norma untuk menjadi Grand Master Wanita.

Berat? “Ya berat, tapi menurut saya justru lebih berpeluang karena banyak pecatur dengan rating tinggi sini. Jadi, poinnya tidak terlalu tinggi untuk mendapat WGM (Grand Master Wanita). Kalau lawan pecatur yg lebih rendah dari kita, poin harus tinggi, kan,” kata Medina.

Pecatur andalan Indonesia, GM Susanto Megaranto, diunggulkan di posisi ke-16 berdasarkan rating yang ia miliki.

Berat bagi Susanto untuk merengkuh posisi lima besar agar bisa lolos ke Piala Dunia 2013 di Norwegia, Agustus-September tahun ini.

Kejuaraan catur ini diikuti 74 pecatur putra dari 13 negara dan 40 pecatur putri dari sembilan negara.

Kategori yang dipertandingan adalah catur klasik untuk putra dan putri serta catur blitz atau catur kilat. Hadiah total 100.000 dollar AS. (ok/*/kmp)

Comments

comments

Posted by on 18 May, 2013. Filed under Breaking News,Sports. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *