Enam Legislator Pindah Partai Bakal Dicoret dari DCT

Keenam legislator pindah partai bakal terancam dicoret dari DCT bila tak segera diproses PAW.(foto:ist)

Keenam legislator pindah partai bakal terancam dicoret dari DCT bila tak segera diproses PAW.(foto:ist)

MANADO, OKE– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado melalui Ketua Divisi Hukum Eugenius Paransi menyatakan, enam legislator yang belum menjalani proses Pergantian Antar Waktu (PAW) di DPRD terancam akan dicoret dari Daftar Calon Tetap (DCT).

“Bila tidak diurus, maka mereka akan dicoret. Sebab mesti ada surat pemberhentian dari Gubernur lewat PAW. Mereka kan masih tercatat sebagai anggota parpol yang lama, dan karena itu tak memnuhi syarat caleg yang ditetapkan Undang-undang,” katanya.

Sebab itu, dirinya meminta agar para legislator tersebut harus segera diproses PAW agar mereka bisa mencalonkan diri dari partai lain. Ia mengingatkan, waktu untuk melakukanya tidak lama, karena nanti jika sampai waktu penetapan DCT mereka masih berstatus sebagai anggota DPRD Manado dari partai lama, KPU akan mencoret nama mereka dari daftar.

“Kami minta hal ini diseriusi oleh pimpinan DPRD Manado, jadi tidak akan merugikan bakal Calon legislatif tersebut,” tukas Paransi.

Dijelaskannya lebih lanjut, KPU akan memberikan kesempatan hingga selesai penetapan DCT. Jadi proses PAW bisa segera dilaksanakan KPU, karena memang hanya membutuhkan waktu tak lebih dari seminggu maka proses selanjutnya masuk DCT bisa mulus.

Akan tetapi, ditambahkannya, jika tak juga mendapatkan SK pemberhentian dari gubernur, bukan hanya akan dicoret dari DCT tetapi juga tak bisa kembali ke DPRD Manado, karena sudah memasukan surat pengunduran diri yang tak bisa ditarik kembali ke KPU.

Keenam Bacaleg yang menyatakan pindah tersebut adalah James Karinda dari PDIP ke Partai Demokrat, Fauzijah Stelah Pakaja dari PAN ke PD, Deasy Roring dari Golkar ke PD, Conny Rumondor dari Gerindra ke PD, Cecilia Longdong dari PDK ke Demokrat dan Merry Sidharta dari Barnas ke Demokrat.(rep4)

Comments

comments

Posted by on 17 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

One Response to Enam Legislator Pindah Partai Bakal Dicoret dari DCT

  1. ronaco Reply

    18 May, 2013 at 15:47

    Astaga….samua ke PD. Emang PD kekurangan kader sampe harus menerima dari partai lain?

    Hati-hati saudariku Cici…
    Jgn mengharapkan hujan di langit air di tempayang dicurahkan. Thx.Jbu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *