Sompie Singal: Kita Harus Belajar Berhemat Energi

Sosialisasi peraturan perundang-undangan dalam rangka peningkatan kapasitas aparat pemerintah daerah dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam di Kabupaten Minahasa Utara, Kamis (16/5/2013) di Hotel Sutan Raja.

Sosialisasi peraturan perundang-undangan dalam rangka peningkatan kapasitas aparat pemerintah daerah dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam di Kabupaten Minahasa Utara, Kamis (16/5/2013) di Hotel Sutan Raja.

MINUT, Oke – Pemkab Minut menggelar sosialisasi peraturan perundang – undangan untuk peningkatan kapasitas aparat pemerintah dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam di Kabupaten Minahasa Utara, Kamis (16/5/2013) pukul 09.00 Wita di Hotel Sutan Raja. Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Miut, Drs Sompie F Singal MBA, dan menghadirkan dua pembicara dari provinsi, yaitu Ir A Todingan dan Jani Lukas SPi MSi, keduanya adalah biro SDA Setda Provinsi Sulut.

Pemerintah wajib melaksanakan penghematan energi dan air seperti tertera dalam Inpres No 13/2011. “Pemerintah wajib melakukan inovasi dalam penghematan energi listrik dan air,” kata Jani selaku pembicara. Poin lainnya dalam inpres itu adalah membentuk gugus tugas di lingkungan masing – masing serta menyampaikan laporan tiap tiga bulan sekali. “Targetnya penghematan listrik sebesar 20 persen serta penghematan pemakaian bbm bersubsidi dan air sebesar 10 persen,” tuturnya.

Jani selanjutnya secara kongkrit menjelaskan cara menghemat energi, di bangunan gedung. “Caranya mematikan lampu dan ac bila ruangan tidak digunakan, menggunakan lampu hemat energi,” tuturnya. Dikatakan pembicara lainnya, bahwa kebutuhan energi meningkat cepat, sementara cadangan energi sangat terbatas. Oleh karena itu, ujar dia, perlu tindakan nyata untuk mengurangi pemborosan energi.

“Upaya itu harus dimulai dari pemerintah, kemudian meluas hingga dilaksanakan seluruh masyarakat. Pemerintah harus menjadi contoh dalam penghematan energi,” katanya. Bupati Minut Sompie Singal menyatakan Minut punya banyak potensi sumber daya energi, namun banyaknya energi, bukan berarti harus boros energi. “Untuk itulah kita perlu kita undang para ahli hemat energi, untuk memberi petunjuk tentang cara menghemat energi,” katanya. Sebagai tindak lanjut sosialisasi tersebut, Sompie menginstruksikan para kadis untuk hemat energi di SKPD masing-masing.Hadir dalam kegiatan tersebut, para kepala dinas, camat serta staf. (obi)

Comments

comments

Posted by on 16 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Minahasa,Minahasa Utara. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *