Polemik e-KTP Terjawab Sudah

ektpdertg-201305131808441JAKARTA, oke — Simpang siur mengenai e-KTP yang tak bisa di fotokopi terjawab dalam rapat kerja Komisi II DPR RI dengan Kemendagri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (16/5) hari ini. Ketika dilakukan pengujian e-KTP menggunakan card reader, ternyata e-KTP yang sudah seringkali di fotokopi masih bisa terbaca dengan sempurna. Dengan adanya pengujian yang dilakukan oleh Kemendagri dihadapan komisi II DPR RI ini, setidaknya menjawab kesimpang-siuran di masyarakat selama ini tentang boleh tidaknya e-KTP di fotokopi.

Apalagi sampel yang dipakai untuk pengujian adalah e-KTP milik dari Ketua Komisi II DPR RI Agun Gunandjar, yang telah di fotokopi berulang kali. Ketika e-KTP milik Agun Gunandjar disentuhkan ke card reader asal Korea dan Amerika, maka langsung muncullah foto Agun lengkap dengan biodatanya. Lebih lengkap dari di KTP konvensional.

Sejumlah data yang tertera antara lain Nama lengkap, NIK, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, golongan darah, status pernikahan, pekerjaan, agama. Juga terdapat tandatangan dan cap jari pemilik e-KTP. Saat dicoba dengan card reader lokal, yang merupakan hasil buatan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, informasi pun terbaca, namun agak lama. “Yang BPPT belum bisa,” ujar Agun disambut tawa kecil beberapa anggota Komisi II, sebelum datanya muncul di layar. Setelah itu beberapa anggota Komisi II DPR juga melakukan hal yang sama. Hasilnya juga positif, e-KTP bisa terbaca dengan baik.(dtc/dems)

Comments

comments

Posted by on 16 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Nasional. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *