Partai Tak Memenuhi PT dan BPP Akan Tereliminasi

Perhitungan suara dalam pemilu legislatif 2014 mendatang bakal ketat.(ilustrasi:ist)

Perhitungan suara dalam pemilu legislatif 2014 mendatang bakal ketat.(ilustrasi:ist)

MANADO, OKE—Bilangan Pembagi Pemilih, atau yang kerap disingkat BPP dan Parliamentary Treshold (PT) ternyata menjadi alasan utama, sejumlah partai politik (parpol) peserta Pemilu Legislatif 2014 mendatang ‘cenat-cenut’. Pasalnya, partai yang tak bisa mencapai standar BPP tersebut, akan tereliminasi dengan sendirinya.

“Sistimnya hampir sama dengan pemilihan caleg pada tahun 2009 lalu. Perbedaannya, tahun 2014 mendatang bakal ketat. Sudah ada RUU-nya juga. Tinggal ditetapkan jadi undang-undang saja,” ungkap pengamat politik Ronny Limboto.

Lebih jauh dijelaskannya, besarnya angka PT yang hanya mencapai 3,5 persen akan diberlakukan universal. Artinya perhitungan ambang batas tersebut berlaku hingga ke daerah-daerah, dan bukan hanya di pusat semata.

“Besarnya angka PT yakni 3,5 persen sudah disetujui MK dan katanya akan diberlakukan di daerah-daerah juga,” tandasnya.

Informasi yang dirangkum okemanado.com semakin diperjelas lewat sejumlah penuturan dari sebagian besar caleg, termasuk caleg incumbent. Hampir sebagian besar dari mereka menuturkan, kedua factor ini menjadi syarat yang cukup bikin pusing kepala.

“Syarat ini membuat kami cemas. Sebab, meski maju dari partai besar, namun jumlah suara pemilih yang menentukan,” kata salah seorang caleg incumbent.

Sekedar diinformasikan, di bawah ini dapat dilihat simulasi perhitungan suara pemilu legislatif 2014 mendatang, yang berhasil dirangkum okemanado.com.

SIMULASI PERHITUNGAN SUARA PEMILU LEGISLATIF 2014

Perhitungan Parliamentary Treshold (PT) = 3,5 Persen

  1. Perhitungan Ambang Batas (Parliamentary Treshold-PT) 3,5 Persen. PT ini akan dibagi dengan jumlah suara sah setiap parpol peserta pemilu di seluruh propinsi, kabupaten/kota.
  2. Dari jumlah keseluruhan suara ini, dipilah suara sah dan suara tidak sah yang berhasil diperoleh parpol peserta pemilu. Suara sah ini, akan dibagi dengan PT. Standarnya, harus mencapai 5000 suara. Bila ada parpol yang suara sahnya tidak mencapai standar tersebut, maka akan tereliminasi dengan sendirinya.

 Perhitungan BPP

  1. Perhitungan BPP diambil dari jumlah keseluruhan suara sah dan dibagi dengan jumlah kursi yang telah ditentukan di masing-masing propinsi, kabupaten/kota.
  2. Jumlah keseluruhan suara sah akan dibagikan dengan dengan jumlah kursi yang tersedia di Kota Manado, yakni 40 kursi.

(rep4)

Comments

comments

Posted by on 16 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *