Mailangkay: Bangunan di Kawasan Resapan Air dan Ruang Terbuka Hijau Harus Direlokasi

(foto: ist)

(foto: ist)

MANADO, OKE – Guna mengoptimalkan fungsi daerah resapan air dan ruang terbuka hijau, semua bangunan yang ada di sekitar kawasan tersebut harus direlokasi. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Tata Kota Manado, Benny Mailangkay, Kamis (16/5), terkait sejumlah bangunan permanen yang sudah dibangun di seputaran daerah resapan air dan ruang terbuka hijau di lokasi segitiga tepatnya di depan eks pacuan kuda Kelurahan Ranomut, Kecamatan Paal 2.

“Apapun alasannya, kawasan tersebut harus dibebaskan dari bangunan-bangunan agar lebih optimal dalam menampung debit air guna mengantisipasi bencana banjir,” kata Mailangkay.

Namun menurutnya, pernyataan ini masih berupa imbauan kepada masyarakat sekaligus pendekatan persuasif agar warga yang sudah mendirikan bangunan di kawasan itu bisa bekerjasama dengan pemerintah kota dalam menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan.

“Kami akan undang pemilik bangunan untuk duduk bersama sekaligus mencarikan solusi yang terbaik,” ungkap mantan Sekretaris BLH Sulut ini.

Sementara itu, GS. Vicky Lumentut, selaku Walikota Manado saat memantau lokasi tersebut sedikit dikejutkan saat mendapati beberapa bangunan yang sudah dibangun di area tersebut.

“Sosialisasi kepada warga harus dilakukan secepatnya,” pinta Walikota kepada Camat Paal II.

Dari informasi yang dihimpun okemanado.com, warga yang telah mendirikan bangunan di kawasan tersebut sudah mengantongi sertifikat serta izin mendirikan bangunan (IMB).

“IMB telah dikeluarkan kepala wilayah jauh sebelumnya ketika kepala wilayah masih punya wewenang untuk itu,” ungkap salah seorang narasumber yang meminta namanya tidak dipublikasikan. (ein)

Comments

comments

Posted by on 16 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *