Dekot Manado Diusulkan Buat Perda Pelindung Hak Pekerja

Kantor DPRD Kota Manado.(foto:ist)

Kantor DPRD Kota Manado.(foto:ist)

MANADO, OKE–Para wakil rakyat yang duduk di lembaga legislatif DPRD Kota Manado, diusulkan agar membuat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) untuk melindungi  hak-hak pekerja. Pasalnya, seringkali masalah yang dialami para pekerja dilimpahkan ke pihak Pengadilan Negeri.

“Semestinya hal ini dikritisi bersama oleh pemerintah dan para wakil rakyat. Apalagi, ini menyangkut kebutuhan warga juga dalam dunia pekerjaan. Mereka harus dilindungi, bukan hanya dari pihak pemangku kebijakan hukum, melainkan dari pihak pemangku kebijakan birokrat dan legislatif juga,” kata Reynald Wurangian, warga Malalayang.

Diungkapkannya, seringkali masalah yang berkaitan dengan para pekerja, seperti pembayaran upah yang tidak sesuai UMP dan ekploitasi tenaga kerja, ditangani pihak pengadilan. Sedangkan pihak ekskutif dan legislatif terkesan seperti tidak ada intervensi apa-apa.

“Biasanya, kalau sudah sampai ke pihak pengadilan pemerintah sudah lepas tangan. Padahal, tahapan awalnya harus melalui sana dulu. Pemerintah setidaknya bisa memberi solusi, sebagai penanganan awal. Bila masalah ini tidak bisa diselesaikan, barulah dilimpahkan ke pihak pengadilan,” terangnya.

Terkait hal ini, dirinya mengusulkan, pihak legislatif membuat Ranperda Perlindungan Hak-hak Tenaga Kerja, agar pelayanan pemerintah terhadap masyarakat meliputi semua aspek, termasuk aspek perlindungan hak pekerja.

“Saya kira hal itu penting, supaya pelayanan pemerintah terwujud di segala aspek,” imbuhnya.(rep4)

Comments

comments

Posted by on 16 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *