Perhatian! Pembuatan e-KTP Tidak Dipungut Biaya

(foto: ist)

(foto: ist)

MANADO, OKE – Pernyataan tegas kembali disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Hans Tinangon terkait adanya laporan pungutan liar yang sering terjadi dalam pembuatan kartu tanda pengenal elektronik (e-KTP).

 “Pembuatan e-KTP hingga kini masih digratiskan. Kalau ada oknum yang melakukan pungutan liar, apalagi dia adalah seorang PNS, akan langsung dipidanakan,” tegas Tinangon, Rabu (15/3).

Dirinya mengakui bahwa hingga kini memang masih ada laporan demikian namun, sangat disayangkan laporan tersebut tidak disertai dengan siapa pelakunya.

“Masyarakat yang merasa dirugikan, segeralah melapor dengan memberitahukan siapa pelakunya,” ujar mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Manado sembari menambahkan, siapa saja yang menghambat proses pelayanan, akan ditindak sesuai aturan pegawai atau kependudukan.

Sementara itu, terkait larangan menggandakan e-KTP, Tinangon menuturkan, masyarakat tidak perlu kuatir, termasuk resiko rusaknya e-KTP. Namun dirinya menyarankan agar e-KTP jangan terlalu sering digandakan agar tidak mengganggu chip yang ada.

“Diimbau dan diharapkan, setiap penduduk yang memiliki e-KTP agar menyiapkan arsip khusus untuk digandakan saat diperlukan,” sarannya.

Saat ditanyakan terkait capaian e-KTP, Tinangon menuturkan bahwa hingga kini memang belum tuntas namun Juni mendatang e-KTP sudah tuntas.

“Juni semua warga Manado harus tuntas merekam e-KTP,” tutupnya. (ein)

Comments

comments

Posted by on 15 May, 2013. Filed under Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *