Rainbow Warrior Kini Berlayar di Perairan Nusantara

Kapal Rainbow Warrior.  foto : greenpeace.org

Kapal Rainbow Warrior. foto : greenpeace.org

JAYAPURA, PAPUA. Oke – Kapal Greenpeace, Rainbow Warrior tiba di Jayapura, Papua, untuk memulai satu bulan perjalanan di Indonesia, (09/05). Rainbow Warrior kapal ramah lingkungan milik Greenpeace, saat ini tengah berlayar di perairan Indonesia. Kapal Rainbow Warrior adalah kapal kampanye yang canggih dan merupakan salah satu kapal yang paling ramah lingkungan yang pernah dibuat. Kunjungannya kali ini akan menjadi perjalanan legendaris.

Tur kapal yang bertemakan “100% Indonesia: Bersama Melindungi Hutan dan Laut Kita” – sampai 10 Juni 2013 akan menyampaikan cerita tentang kekayaan hayati Indonesia dan meminta pemerintah untuk segera bertindak untuk memastikan hutan dan laut Nusantara terlindungi.

Kapal Greenpeace disambut secara unik oleh arak-arakan perahu nelayan dan pada saat yang sama sekelompok penari menampilkan tarian tradisional Papua di dermaga Jayapura tempat kapal tersebut bersandar. Walikota Jayapura Benhur Tommy Mano memimpin upacara singkat untuk menyambut kedatangan Rainbow Warrior dan para awak kapal.

“Rainbow Warrior sudah menjelajahi dunia sejak 1987 untuk berkampanye menyelamatkan bumi. Kehadirannya di Indonesia kali ini untuk menyaksikan langsung kekayaan alamnya yang luar biasa namun rapuh,” kata Pete Wilcox, Kapten Rainbow Warrior. “Indonesia adalah rumah bagi beberapa keanekaragaman hayati yang penting di bumi, tetapi deforestasi dan penghancuran laut telah membuatnya terancam,” , dilansir situs resmi Greenpeace.

Seorang Crew kapal Rainbow Warrior, Sofia Kuczera, sedang memberikan penjelasan kepada anak-anak dari salah satu sekolah di Jayapura, 10 Mei 2013.  foto : Greenpeace.org

Seorang Crew kapal Rainbow Warrior, Sofia Kuczera, sedang memberikan penjelasan kepada anak-anak dari salah satu sekolah di Jayapura, 10 Mei 2013. foto : Greenpeace.org

“Selama tur ini, kami akan mendukung komitmen Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melindungi hutan dan akan meluncurkan kampanye laut untuk melindungi perairan Indonesia,” kata Longgena Ginting, Kepala Greenpeace Indonesia. “Kami berharap kunjungan Rainbow Warrior ini akan mengilhami kemauan politik yang dibutuhkan untuk melindungi laut yang berharga dan merupakan bagian dari dunia, dan memanfaatkan kesempatan untuk memperkuat kebijakan moratorium hutan.”

Beberapa tahun lalu, Rainbow Warrior ditolak memasuki perairan Indonesia, dan kita harus menelan kekecewaan. Tapi kali ini, kapal Rainbow Warrior baru ini dirancang khusus bagi Greenpeace untuk melakukan kampanye dan aksi sejak tahun 2011. Kapal tersebut menggantikan kapal Rainbow Warrior 2 yang telah berlayar bersama Greenpeace selama 22 tahun, setelah kapal Rainbow Warrior yang pertama diledakan oleh agen Perancis di pelabuhan Auckland bulan Juli 1985 dalam misinya untuk menggagalkan uji coba nuklir di perairan Moruroa.

Kapal Rainbow Warrior telah menjadi jiwa bagi kampanye global Greenpeace selama 30 tahun dan merupakan kapal yang dibangun dari pendanaan bersama pendukung Greenpeace di seluruh dunia.

Kampanye Greenpeace, "Laut Kita, Hutan Kita, Masa Depan Kita."  foto : greenpeace.org

Kampanye Greenpeace, “Laut Kita, Hutan Kita, Masa Depan Kita.” foto : greenpeace.org

“Kini, Rainbow Warrior akan berlayar di perairan Nusantara dari Mei hingga Juni, merayakan keanekaragaman hayati negeri kita. Dengan 17.000 pulau-pulau tropis, negara kita adalah rumah bagi kekayaan sumberdaya hayati yang paling penting di dunia, dan tugas kita bersama untuk melindungi hutan dan laut dari ancaman kerusakan. Karena hutan kita, laut kita adalah masa depan kita.” Longgena Ginting, Kepala Greenpeace Indonesia seperti dilansir FHI.

“Rainbow Warrior datang untuk menjadi saksi keindahan alam Indonesia sekaligus mengajak kita semua menjaga dan membelanya. Jadilah bagian dari kunjungan legendaris ini, jadilah bagian dari Ksatria Pelangi, penjaga kelestarian bumi. Ikuti perjalanannya, dan naiklah ke atas kapal Rainbow Warrior di kota-kota yang disinggahinya.” Longgena Ginting.

Kapal Ramah lingkungan milik Greenpeace “Rainbow Warrior III” akan tiba Papua Jayapura (9-11 Mei), Manokwari (16-18 Mei). Rainbow warrior, salah satu seri kapal laut yang dioperasikan oleh Greenpeace untuk melakukan aksi aksi menentang perusakan lingkungan. Setelah berlayar ke Jayapura dan Manokwari, kapal ini akan melanjutkan perjalanannya ke Benoa-Bali (31 Mei-1 Juni) dan Jakarta (7- 10 Juni) 2013. (ok)

Comments

comments

Posted by on 13 May, 2013. Filed under Breaking News,Nasional. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *