Waduh! Tahanan Koruptor di Lapas Tuminting dan Rutan Malendeng Diduga Sering Keluar Malam

(foto: ist)

MANADO, OKE – Sejumlah tahanan koruptor yang menghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Malendeng dan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Tuminting diduga sering keluar malam. Tidak jelas arahnya ke mana, namun berdasarkan informasi yang didapat sebagian tahanan ini, ada yang nginap di rumah pribadi mereka. Keluarnya tahanan koruptor ini diduga ada kerjasama antara petugas Lapas dan Rutan. Merasa mempunyai uang yang cukup tidak heran mereka bisa menyogok agar bisa dikeluarkan dari tahanan.

“Biasa yang sering keluar malam adalah tahanan-tahanan kasus korupsi. Ya mau dibilang apa, apalagi kan saat ini uang yang berkuasa,” ungkap salah satu tahanan yang namanya tidak mau diberitakan beberapa hari lalu.

Begitu leluasanya para tahanan kasus korupsi keluar tahanan, diduga melibatkan pimpinan-pimpinan di Lapas serta Rutan.

“Biasanya mereka balik  mendekati subuh,” singkat Mr X pada wartawan ini.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulut I Wayan Sukerta SH ketika dikonfirmasi membantah keras adanya tahanan kasus korupsi yang sering keluar. Ia menjelaskan sejauh ini kejadian semacam itu tidak pernah terjadi baik di Lapas Manado maupun Rutan Malendeng.

“Bila ada salah satu pemimpin Lapas dan Rutan coba-coba melakukannya kami akan memberikan sanksi sesuai Peraturan Pemerintah nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin pegawai negeri sipil,” jelas Sukerta, Jumat (10/5).

Sukerta juga mengimbau bagi masyarakat yang melihat tahanan koruptor yang sering berkeliaran di luar, dipersilahkan melaporkan ke pihak Kemenkum HAM Sulut.

“Yang penting disertai bukti yang cukup, bila perlu catat hari dan tanggalnya serta tempatnya di mana,” pungkas Sukerta. (Ibrahim Hiola)

Comments

comments

Posted by on 10 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Kriminal,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *