Robby Mottoh: Cegah Demam Berdarah, Jangan Biarkan Air Tergenang Lama

(foto: ein/okemanado.com)

(foto: ein/okemanado.com)

MANADO, OKE – Salah satu faktor penyebab munculnya wabah penyakit demam berdarah (DBD) adalah genangan air di satu wadah. Oleh karena itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado, dr Robby Jansen Mottoh selalu mengingatkan kepada warga untuk tidak membiarkan air tergenang lama di suatu tempat termasuk di dedaunan yang menampung air hujan.

“Nyamuk Aides Agipty biasanya senang bertelur di genangan air bersih bukannya di air keruh,” kata Mottoh, Jumat (9/5).

Untuk mengantisipasi hal itu, sebaiknya semua genangan air disingkirkan.

“Setelah hujan selesai, pohon-pohon yang ada disekitar rumah digoyang agar tidak ada air yang tertahan pada daun,” imbau pria yang sudah malang melintang di dunia kesehatan itu.

Cara lain yang bisa ditempuh kata Mottoh adalah dengan menggunakan bubuk abate serta fogging.

“Bubuk abate bisa diperoleh secara gratis di semua Puskesmas,” sebutnya.

Sementara itu, memaknai kenaikan Yesus Kristus, Panitia Hari Besar Gerejawi (PHBG) GMIM Solagratia Tikala bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Manado menggelar kegiatan fogging di seputaran gereja.

“Fogging dilakukan di rumah-rumah anggota di 24 kolom,” kata salah seorang panitia yang namanya enggan dipublikasikan. “Ini dilakukan guna membasmi perkembangan wabah demam berdarah,” pungkasnya. (Robert Lalenoh)

Comments

comments

Posted by on 10 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *