Pansus DPRD Minut: PT MSM, Stop Eksploitasi!

(foto: ist)

(foto: ist)

MINUT, OKE – Sikap tegas diambil DPRD Minut melalui Panitia Khusus (Pansus) MSM TTN. Lewat paripurna di gedung dewan, pansus merekomendasikan PT MSM berhenti eksploitasi (produksi) karena adanya beragam temuan di perusahaan tambang emas itu. Rekomendasi tersebut, masuk dalam kesimpulan paripurna, yang dibacakan sekretaris dewan dan disetujui semua fraksi. Bupati Minahasa Utara, sejumlah pejabat instansi terkait dan camat juga hukum tua di desa lingkar tambang, ikut hadir dalam paripurna tersebut. Bahkan, seorang hukum tua, yang ingin memprotes rekomendasi dewan, tidak diizinkan berbicara dalam paripurna tersebut.

“Saya dari ‘fraksi hukum tua’, kami tidak setuju dengan rekomendasi pansus,” teriak salah satu hukum tua ini sambil keluar dari kursi duduknya.

Sontak saja, sejumlah anggota pansus langsung melakukan interupsi pada ketua rapat, bahwa paripurna hanyalah domain dewan, tidak bisa dari undangan ikut campur.

“Ketua, ini sudah paripurna, tak layak tamu undangan melakukan interupsi,” ujar Denny Wowiling.

Sikap keras dari hukum tua untuk menyampaikan aspirasinya, sempat membuat ketua rapat memanggil pihak keamanan. Untung saja, sebelum pihak keamanan datang, hukum tua tersebut sudah langsung balik ke tempat duduknya. Ketika ditemui usai paripurna, hukum tua tersebut mengakui, rekomendasi dewan sangat tak manusiawi.

“Kalau tambang di tutup, masyarakat mau kerja di mana, siapa yang mau kasih gaji mereka, apakah dewan bersedia memberikan gaji?,” ujarnya.

Lebih lanjut, hukum tua itu mengakui, hal tersebut sudah membuat susah masyarakat lingkar tambang.

“Bagaimana kalau kita pe rakyat mengamuk pa kita, nanti dorang akan mengamuk di dewan saja kalau rekomendasi ini dijalankan,” tandasnya. (obi)

Comments

comments

Posted by on 10 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Minahasa Utara,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *