Ada PNS Terima Upah Ganda Karena Jadi Pala

Pemkot Manado diminta mengkritisi kinerja Pala terkait usulan akan dinaikannya gaji pala. Masyarakat juga meminta, agar perlu PNS yang jadi pala ditindak tegas karena menerima upah ganda.(foto:ist)

Pemkot Manado diminta mengkritisi kinerja Pala terkait usulan akan dinaikannya gaji pala. Masyarakat juga meminta, agar perlu PNS yang jadi pala ditindak tegas karena menerima upah ganda.(foto:ist)

MANADO, OKE–Tuntutan untuk menaikkan gaji Kepala Lingkungan (Pala) yang mulai hangat dibicarakan, ternyata menimbulkan kritikan yang luar biasa. Pasalnya beberapa warga menilai, efektivitas kinerja dari pala belum maksimal. Tak hanya itu, beberapa dari mereka malah mengatakan ada PNS yang jadi pala, dan karena itu menerima upah ganda.

“Bila pemerintah ingin menaikkan gaji pala, maka perlu dibuat klasifikasi menyangkut keberhasilan mereka memperhatikan masyarakat. Artinya, pala-pala mana saja yang memperhatikan masyarakatnya dengan baik,” kata Gerry T, warga Wanea.

Berbeda dengan Gerry, Yanti S mengatakan, dirinya lebih setuju bila gaji pala diturunkan, dan meminta agar pihak pemerintah mengkaji dengan teliti lagi, jangan sampai ada PNS yang jadi pala seperti di wilayahnya.

“Ada salah seorang PNS jadi Pala dan karena itu menerima upah ganda selama ini. Ini kan sangat tidak adil. Sudah begitu, pelayanannya kepada masyarakat tidak efektif. Apakah layak bila upahnya dinaikkan? Apakah wajar bila dirinya menerima upah ganda? kan tidak! Saya kira pemerintah harus lebih teliti lagi,” semburnya.

Sementara itu, Komisi A DPRD Manado, melalui Sekretaris Komisi, Markho Tampi ketika dimintai tanggapannya mengatakan, usulan menaikkan gaji pala memang perlu dipertimbangkan lagi, dan patut dibicarakan dengan masyarakat.

“Saya kira perlu pertimbangan lagi untuk menaikkan gaji pala. Harus dibicarakan dengan masyarakat. Jangan sampai ada penolakan dari warga terkait hal ini. Mengingat ada banyak warga yang mengeluh pelayanan sejumlah pala kurang efektif,” katanya.

Ketika disinggung mengenai PNS yang rangkap jabatan menjadi kepala lingkungan, dirinya mengatakan hal itu sama sekali tidak boleh dilakukan.

“Hal itu sama sekali tidak dibenarkan. Apalagi, PNS sudah mendapat jaminan, tunjangan dan upah yang bukan sedikit. Ini tidak boleh dibiarkan. Kami menghimbau agar pemerintah bisa menindak tegas PNS yang jadi pala tersebut,” tandasnya.(rep4)

Comments

comments

Posted by on 9 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *