Manado Butuh Balai Latihan Kerja

(foto: ist)

(foto: ist)

MANADO, OKE – Sebagai Ibukuta Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sekaligus kota perdagangan, sudah seharusnya Manado memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) guna melatih para tenaga kerja agar lebih profesional dan terlatih dalam bekerja. Pertimbangan lain juga adalah pertumbuhan ekonomi yang terus marangkak naik dengan hadirnya sejumlah pusat perbelanjaan yang berpengaruh pada aktivitas transaksi yang terus meningkat dan berdampak pada penyerapan tenaga kerja lebih. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Manado, Ato Bullo SH MM saat dikonfirmasi membenarkan hal itu.

“Usulan ke pusat terkait pengadaan BLK di Manado sudah beberapa kali kami lakukan namun belum menuai hasil positif,” kata Bullo, Rabu (8/5).

Menurutnya, salah satu kendala yang dihadapi hingga kini adalah belum adanya alokasi dana dari pemerintah pusat. Nah, untuk menyiasati masalah tersebut, kata Bullo yang juga merupakan Ketua Umum Kerukunan Keluarga Toraja Sulut, pemerintah kota telah berupaya membangun kerja sama dengan sejumlah lembaga keterampilan swasta.

“Di Manado kurang lebih ada 14 BLK swasta yang kita gandeng untuk kerja sama,” ujarnya.

BLK swasta tersebut di antaranya Nusantara College yang bergerak di bidang perekrutan pramugari dan Rotor serta BLK yang bergerak di bidang tata boga dan jahit menjahit. Langkah ini kita lakukan sebagai salah satu upaya menekan angka pengangguran di kota Manado.

Semetara itu, kepada para pengusaha yang ingin menginformasikan lowongan kerja kata Bullo, bisa menghubungi Dinas Tenaga Kerja.

“Bisa juga mengunjungi langsung website bursa kerja online,” sebutnya.

Diketahui, TKI asal Manado saat ini hanya 8 orang, 6 di Singapura, satu di Taiwan dan satunya lagi di Hongkong.

“Kita mengirim TKI hanya ke daerah-daerah yang bebas konflik,” tutupnya. (ein)

Comments

comments

Posted by on 8 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *