Pembuatan KTP Masih Dipersulit, Pengurusan KK Tembus 1 Juta

Pengurusan Kartu Keluarga (KK) dalam pembuatan KTP dikeluhkan warga. Pasalnya, ada warga yang dimintai uang sebesar Rp. 1 juta untuk membuat KK.(foto:ist)

Pengurusan Kartu Keluarga (KK) dalam pembuatan KTP dikeluhkan warga. Pasalnya, ada warga yang dimintai uang sebesar Rp. 1 juta untuk membuat KK.(foto:ist)

MANADO, OKE–Pembuatan KTP di Kota Manado kembali dikeluhkan warga. Dari informasi yang dirangkum, beberapa warga menuturkan, proses ini masih dipersulit tuntutan birokrasi dan administrasi yang cukup menyulitkan warga. Apalagi, ada warga yang tak sungkan-sungkan menyebutkan, biaya pembuatan Kartu Keluarga (KK) di salah satu kecamatan di Manado, menembus angka fantastis, 1 juta rupiah.

“Saya sangat menyesalkan hal ini. Masa pengurusan KK boleh sampai 1 juta rupiah? Padahal katanya, warga akan dipermudah dalam membuat KTP. Tapi, faktanya bukan demikian. Ini malah mempersulit warga,” ujar Terry Umboh.

Dirinya mengkritisi, tidaklah menjadi soal bila pihak kecamatan meminta biaya administrasi untuk ongkos jalan ataukah makan-minum yang masih bisa dipenuhi warga.

“Saya kira warga juga bisa mengerti. Pasti ada ongkos jalan. Namun, kalau pengurusan KK yang sudah sampai 1 juta, ini bukanlah biaya administrasi lagi, tapi sudah pungli namanya. Kartu keluarga saya saja tak sampai 300 ribu administrasinya. Ini sangat memalukan birokrasi kita!,” tegas Umboh kembali.

Sementara itu, Komisi A Dekot Manado melalui Sekretaris Komisi Markho Tampi SIK ketika dimintai tanggapannya mengatakan, pengeluhan serupa telah diterimanya beberapa waktu lalu, dan jalan keluar yang diberikannya yakni mengajak warga untuk melaporkan hal ini ke pihak eksekutif.

“Ini sebenarnya perlu tindak lanjut pemerintah untuk aktif memeriksa kinerja di tingkat-tingkat kecamatan dan kelurahan di Kota Manado, terkait pembuatan KTP ini. Mestinya masyarakat tidak perlu dibebani lagi dengan administrasi yang sulit dipenuhi mereka dalam membuat KTP,” tandasnya.(rep4)

Comments

comments

Posted by on 7 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *