Eks Kadis Dikpora Talaud Divonis 12 Bulan Penjara

Sidang.(foto: ilustrasi)

Sidang.(foto: ilustrasi)

MANADO, OKE – Mantan Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kepulauan Talaud, Sarnes Lilian Ijong divonis 1 (satu) tahun penjara pada sidang yang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Manado, Selasa (7/5).

Menurut Ketua Majelis Hakim Armindo Pardede SH MAP dan Novrry Oroh SH serta Nich Samara SH MH, vonis yang dijatuhkan itu terkait dugaan kasus korupsi dana beasiswa SMA/SMK  kurang mampu yang ditata dalam APBD Pemkab Talaud tahun 2009 dengan anggaran sebesar Rp4,5 miliar. Terdakwa juga di  denda Rp50 juta subsider 2 bulan kurungan.

“Terdakwa dalam kasus ini tidak dikenakan hukuman uang pengganti, karena sudah membayar kerugian negara sehingga tidak dikenakan pidana tambahan,” ungkap majelis dalam amar putusannya.

Perbuatan terdakwa melanggar pasal 3 juncto pasal 18 Undang-undang  Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana yang telah diubah dan ditambah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang tipikor jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo pasal 64 ayat (1) KUHP.

Sebelumnya, mantan bendahara pengeluaran Talaud Hendra Malensang (berkas pisah,red) sudah lebih dulu divonis 1 (satu) tahun penjara oleh majelis hakim.

Vonis yang diberikan hakim itu lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Noval Thaher SH yang menuntut keduanya dengan hukuman 18 bulan penjara. (ibra)

Comments

comments

Posted by on 7 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Kriminal,Manado,Nusa Utara,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *