Sarundajang Minta Tambahan Dana untuk Jalan Tol Manado-Bitung

Jalan Tol Manado Bitung

Maket Jalan Tol Manado-Bitung

MANADO, Oke— Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang meminta tambahan anggaran untuk pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung. Alokasi dana itu akan dianggarkan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2013. Pernyataan itu disampaikan Sarundajang di hadapan anggota DPRD Sulut saat sidang paripurna Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ), Senin (6/5). “Semoga lewat anggaran tambahan itu, proyek Jalan Tol Manado-Bitung dapat segera terealisasi,” ungkapnya.

Mega proyek fly over Manado-Bitung, telah disetujui oleh pemerintah pusat. Sedangkan pihak swasta yang akan ikut terlibat dalam proyek tersebut berasal dari Korea Selatan. Bahkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), telah dialokasikan anggaran.

Hanya saja Pemprov Sulut, Pemkab Minut dan Pemkot Bitung hingga saat ini masih menemui kesulitan untuk pembebasan lahan. “Memang sempat ada kendala di pembebasan lahan. Tapi saat ini sudah ada perkembangan positif, karena jalan tol ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Sarundajang. Apalagi menurutnya, Jalan Tol Manado-Bitung merupakan salah satu syarat Bitung akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Di tempat yang sama, anggota DPRD Sulut Andrei Angouw mengatakan, wakil-wakil rakyat di Gedung Cengkih akan mendukung penuh program-program dari Pemprov Sulut, termasuk penambahan anggaran untuk pembebasan lahan. “Program yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat pasti akan didukung penuh anggota legislatif,” ungkapnya. Hanya saja diakui politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, pemerintah harus mengadakan pendekatan persuasif kepada pemilik tanah dan memberikan harga yang layak sehingga tidak merugikan masyarakat. “Begitu juga sebaliknya, masyarakat harus mendukung program pemerintah karena ini untuk kebaikan masyarakat,” pungkasnya. (lex)

Comments

comments

Posted by on 6 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *