Manado Jadi “Pangkalan” Gepeng Dari Berbagai Daerah di Sulut

Gepeng.(foto: ilustrasi)

Gepeng.(foto: ilustrasi)

MANADO, OKE – Menyandang predikat sebagai ibukota Provinsi membuat Manado menjadi sasaran empuk berkumpulnya para gelandangan dan pengemis dari sejumlah daerah. Hal ini membuat Kepala Dinas Sosial Manado di bawah komando Frans Mawitjere bersama jajarannya harus putar otak mencari solusi kongkret dalam menangani masalah sosial tersebut. Kepala Dinas Sosial melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Muflcich Basuki, saat dikonfirmasi, membenarkan hal itu.

“Dari hasil razia yang dilakukan selama ini, ditemui bawah banyak gelandangan dan pengemis yang berasal dari luar Manado,” kata Basuki, Senin (6/5).

Ia menambahkan, meski selalu diberikan pembinaan dan dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing, mereka (gepeng, red) tetap saja kembali untuk mencari nafkah di Manado.

“Tiap kali dirazia, yang terjaring hanyalah wajah-wajah yang sama kala ditertibkan sebelum-sebelumnya,” ujar Basuki.

Di samping itu, diungkapkan bahwa pihaknya juga telah melakukan kerjasama dengan rumah sakit Ratumbuisang dalam menertipkan gepeng yang memiliki gangguan jiwa.

“Gepeng memiliki gangguan jiwa langsung dibawa ke Rumah Sakit Ratumbuisang untuk direhabilitasi,” terangnya sembari menambahkan, untuk biaya perawatan ditanggulangi langsung oleh negara tanpa mengganggu pos anggaran Universal Coverage (UC) yang digagas Walikota.

Selain itu, dirinya berharap Manado akan segera memiliki rumah singgah guna melatih para gepeng dalam membangun kreatifitas agar kehidupan mereka tidak semata-mata bergantung pada hasil mengemis.

“Jika pengemis berkurang maka situasi pemandangan kota akan lebih indah dan menyenangkan,” pungkasnya.(ein)

Comments

comments

Posted by on 6 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *