Walikota Vicky Lumentut Canangkan Posyandu Cerdas

(foto: ein/okemanado.com)

(foto: ein/okemanado.com)

MANADO, OKE – Kepedulian Walikota Manado, Dr. Ir. G. S. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA terhadap kesehatan masyarakat patut diapresiasi. Pasalnya, selain telah mencanangkan program universal coverage (UC) atau yang biasa disebut dengan program pengobatan gratis kepada seluruh warga Manado, Sabtu (4/5) Lumentut kembali mencanangkan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Program tersebut adalah Posyandu Cerdas. Ia mengatakan, Posyandu Cerdas adalah perpaduan antara kesehatan dan pendidikan yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di kota Manado.

“Pelayanan kesehatan terhadap masyarakat akan terus kita tingkatkan. Selain dengan program UC, diharapkan Posyandu Cerdas juga akan membantu masyarakat khususnya yang memiliki anak-anak usia balita,” kata Lumentut yang didampingi ketua TP PKK Manado, Prof. Dr. Julyeta P. A. Lumentut-Runtuwene, MS, DEA.

Di kesempatan yang sama, Lumentut kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap mengoptimalkan program UC yang telah dicanangkan.

“Program ini berlaku untuk semua warga yang mengantongi KTP Manado serta kartu keluarga (KK),” ujar walikota yang dikenal akrab dengan warganya itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan kota Manado, dr Robby J. Mottoh mengatakan, keuntungan program UC mulai dirasakan oleh warga Manado, ini tampak dari meningkatnya jumlah pengunjung baik di puskesmas maupun rumah sakit.

“UC dimulai dari tingkat layanan kesehatan primer yakni pelayanan kesehatan di Puskesmas. Kalau di Puskesmas belum ada perubahan bisa dilanjut ke tingkat layanan sekunder yakni di rumah sakit,” terangnya.

Ia menambahkan, ada lima rumah sakit (RS) yang menyelenggarakan program UC yakni RS Siti Maryam, RS Pancaran Kasih, RS Advent Teling, RS Bhayangkara, RS Ratumbuysang, dan RSUD Kandou serta Balai Kesehatan Mata.

“RS Wolter Mongisidi, RS Siloam dan RS. Auri belum bekerja sama dengan pemerintah karena belum tersedia ruangan kelas III,” pungkas Mottoh.(ein)

Comments

comments

Posted by on 5 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *