Pendidikan Harus Menjangkau Seluruh Lapisan Masyarakat

(foto: ein/okemanado.com)

(foto: ein/okemanado.com)

MANADO, OKE – Pendidikan harus dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat sesuai dengan prinsip pendidikan untuk semua tanpa membedakan asal-usul, status sosial, ekonomi dan kewilayahan. Hal tersebut diungkapkan Wakil Walikota Manado, Harley AB Mangindaan saat menghadiri sekaligus menjadi inspektur upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang berlangsung di Lapangan Sparta Tikala, Kamis (2/5).

Lebih lanjut, kata Mangindaan, angka putus sekolah sudah seharusnya dikurangi dengan secara bersama-sama dengan membuka posko anti drop out (DO) atau anak putus sekolah pada awal tahun pelajaran.

“Sebisa mungkin anak-anak kita, kita upayakan untuk terus mengenyam pendidikan disekolah terutama dari jenjang pendidikan dasar dan menengah, setelah itu diupayakan untuk terus lanjut ke perguruan tinggi,” tutur Mangindaan.

Disampaikannya lagi bahwa dalam perspektif sosial kemasyarakatan ada tiga penyakit sosial yang memiliki dampak negatif yang sangat besar, yaitu kemiskinan, ketidaktahuan dan yang terakhir yakni keterbelakangan peradaban. Untuk menaikkan daya tahan (imunitas) sosial sehingga terhindar dari tiga jenis penyakit ini, pendidikan adalah jawabannya, karena pendidikan merupakan vaksin sosial. Selain itu, pendidikan juga merupakan elevator sosial untuk meningkatkan status sosial.

“Vaksin sosial dan elevator sosial diperlukan agar kita terhindar dari tiga penyakit sosial dan sekaligus untuk meningkatkan status sosial,” terang pria yang murah senyum itu.

Dirinya juga berharap lewat perayaan memperingati Hardiknas ini, pendidikan di kota Manado akan semakin maju dan membuat Manado menjadi semakin lebih baik.

“Hasil UN akan lebih baik dari hari kemarin,” pungkasnya.(ein)

Comments

comments

Posted by on 4 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado,Pendidikan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *