Pansus LKPJ Kupas Pengusaha Rumah Makan dan Restoran

Pansus LKPJ membahas pendapatan sejumlah rumah makan dan restoran guna memperhitungkan realisasi PAD tahun 2012.(foto:okemanado/rep4)

Pansus LKPJ membahas pendapatan sejumlah rumah makan dan restoran guna memperhitungkan realisasi PAD tahun 2012.(foto:okemanado/rep4)

Manado, Oke–Pansus LKPJ, dengan Pokja Bidang Ekonomi, Kamis (02/05) siang hingga sore tadi, bertempat di ruang paripurna DPRD Kota Manado, membedah pajak dan pendapatan sejumlah rumah makan dan restoran di Kota Manado. Pembedahan ini dilangsungkan guna menganilisis keterangan walikota tentang pembahasan pendapatan.

Melalui Wakil Ketua Pansus LKPJ, Amir Liputo, orientasi pembahasan ini dilakukan guna meng-cross chek laporan dan uji petik di lapangan.

“Dari informasi walikota, pajak restoran, mengalami peningkatan signifikan.  Tapi setelah diperiksa hanya mengalami peningkatan sekitar Rp 2 M saja dari target. Padahal, analisis kami dan melalui data lapangan, investasi dan tumbuh kembangnya rumah makan dan restoran di Manado yang cukup pesat ini, pendapatannya mesti lebih dari angka tersebut,” kata Liputo.

Akan tetapi, diungkapkannya, setelah mengadakan pembahasan dan pembedahan dengan sejumlah rumah makan dan restoran yang baru hadir sebagian,  ekspektasi dewan bahwa pendapatannya harus melebihi target, ternyata malah sebaliknya, menurun.

“Ekspektasi kami berdasarkan data dan informasi di lapangan, bahwa berkembangnya sejumlah rumah makan.Namun ternyata ekspektasi kami tidak tercapai. Sebab, memang ada rumah makan dan restoran yang bertambah, juga ada rumah makan yang masih menunggak pajak. Makanya pendapatan kita menurun,” ungkapnya sembari menambahkan data-data tersebut akan menjadi acuan estimasi penetapan APBD 2013 nanti.

“Agar kita bisa menetapkan standar pemasukkan PAD pada APBD 2013 nanti,” imbuh Abba sapaan akrabnya.(rep4)

Comments

comments

Posted by on 2 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *