Makagansa-Ganggali-Supit Deklarasikan Provinsi Nusa Utara

Deklarasi Provinsi Nusa Utara oleh ketiga Bupati wilayah itu(foto: ist)

Deklarasi Provinsi Nusa Utara oleh ketiga Bupati wilayah itu(foto: ist)

Tahuna, Oke – Bertempat di lapangan Santiago, Jumat(26/4), satu suara mendukung pembentukan Provinsi Perbatasan Nusa Utara didengungkan oleh tiga Bupati, yakni Bupati Sangihe Drs. HR Makagansa, MSi Bupati Talaud  Constantine Ganggali dan Bupati Sitaro Tonny Supit SE, MM dan jajaran Dekab.

Pada Deklarasi yang dipimpin langsung ketua pemekaran DR Djouhari Kansil MPd itu, diikuti deklarasi empat daerah baru di kepulauan Sangihe dan Talaud, meliputi Kabupaten Kepulauan Sangihe Selatan, Kota Tahuna, Kabupaten Talaud dan Kota Melenguane.

Kesepakatan deklarasi ditandai dengan penandatanganani  pemekaran provinsi  perbatasan Nusa Utara oleh Bupati sangihe, Talaud dan sitaro dan ketua Dekab ketiga daerah itu untuk selanjutnya diserahkan kepada Djouhari Kansil sbagai dokumen awal administrasi pembentukan Provinsi Nusa Utara.

“Tujuan pemekaran bukan masalah membagi kekuasaan tetapi untuk  kesejahteraan masyarakat,” ungkap ketiga bupati

Sementara itu, Bupati Sangihe HR. Makagansa menuturkan deklarasi  ini merupakan tonggak baru dan momen penting bagi warga baru Nusa Utara.

“Karena kita telah melakukan lompatan sejarah yang amat penting dan tak terlupakan. Dalam deklarasi ini, kita telah membulatkan tekad pembangunan negari Nusa Utara dengan meninggalkan segala perbedaan untuk bersatu dalam tujuan mulia. Kalau bukan sekarang kapan lagi. kalau bukan kita siapa lagi,” paparnya.

Pada deklarasi yang diikuti pejabat dan masyarakat dari Miangas sampai Biaro itu, sekaligus diadakan pelantikan panitia pembentukan kabupaten Sangihe Selatan, kota Tahuna, kabupaten Talaud Selatan dan Kota Melonguane.(hms/eRa)

Comments

comments

Posted by on 30 April, 2013. Filed under Breaking News,Nusa Utara. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *