Tomohon Sosialisasi Kota Sehat

Sosialisasi Kota Sehat 2013 di lantai III Kantor Walikota Tomohon(foto: hms)

Sosialisasi Kota Sehat 2013 di lantai III Kantor Walikota Tomohon(foto: hms)

Tomohon, Oke – Pemerintah Kta Tomohon Lewat Dinas Kesehatan Dan Sosial Kota Tomohon melaksanakan Sosialsasi Kota Sehat Sebagai persiapan verifikasi Tim Kota Sehat Pusat tahun 2013.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam prakatanya saat membuka kegiatan ini mengatakan bahwa Salah satu kebijakan pelaksanaan Kota Sehat yaitu dilaksanakan dengan menempatkan masyarakat sebagai pelaku pembangunan, melalui pembentukan atau pemanfaatan forum kota atau nama lain yang disepakati masyaraat dengan dukungan Pemerintah Daerah.

Strategi penyelenggaraan Kota Sehat diantaranya melibatkan semua potensi yang ada di masyarakat dalam forum dan pokja Kota Sehat sebagai penggerak kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dan juga untuk mewujutkan Tomohon sebagai Kota Sehat, telah dibentuk Forum Kota Sehat sampai di tingkat kelurahan.

Lanjut beliau, bahwa keuntungan yang dapat diperoleh masyarakat Kota Tomohon dengan adanya gerakan masyarakat mewujutkan Kota Sehat ini antara lain adalah masyarakat mandiri, mampu dan mempunyai kesempatan menjadi mitra Pemerintah dalam melakukan pembangunan Kota serta ikut bertanggung jawab dan menilai hasil serta memanfaatkan pembangunan tersebut.

Diakhir prakatanya beliau berharap melalui sosialisasi ini akan dapat mempertajam pemahaman kita bersama akan pengertian Kota Sehat secara menyeluruh serta criteria dan syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk membawa Tomohon menuju Kota Sehat Tahun 2013 dan dharapkan juga lewat sosialisasi ini akan dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan kebersihan lingkungan Kota Tomohon serta pengembangan sumber daya dibidang kesehatan sehingga dapat mnjadikan Kota Tomohon sebagai Kota Sehat bukan saja pada Tahun 2013 ini tapi secara berkelanjutan.

Sementara itu Kepala Standarisasi Sub Direktorat Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI Yon Ferry SKM saat memberikan sosialisasi mengatakan bahwa Kota Sehat adalah suatu kondisi Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi dan disepakati oleh masyarakat dan pemerintah daerah. Penyelenggaraan Kota sehat didukung dengan Peraturan bersama Mendagri dan Menkes Nomor 34 tahun 2005 dan nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005. Dan salah satu Tujuan yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan Kota sehat ini adalah untuk mendorong kesadaran masyarakat dalam menangani masalah lingkungan fisik dan lingkungan social.

Kepala Dinas Kesehatan Dan Sosial Kota Tomohon disela-sela acara menjelaskan bahwa untuk Kota Tomohon akan mengikuti penghargaan Kota Sehat Piala Swasti Saba dengan kategori Padapa(pemantapan) yang akan diwujutkan dalam 3(tiga) tatanan yaitu Kawasan pemukiman, saran dan prasarana umum, Kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan Kawasan Pariwisata Sehat(atau Kawasan Hutran Sehat).

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Lantai III Kantor Walikota Tomohon pada hari Kamis, 25 April 2013 dan Hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Kota Tomohon DR Arnold Poli SH MAP, Para Pejabat Dilingkungan Pemerintah Kota Tomohon, Ketua dan Wakil Ketua Tim Pembina Kota Sehat Kota Tomohon, Pengurus Forum Kota Sehat dan Para Ketua Pokja Kecamatan dan kelurahan sehatse-Kota Tomohon.(hms)

Comments

comments

Posted by on 25 April, 2013. Filed under Breaking News,Tomohon. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *