DPRD Bitung segera Bahas Perda Kawasan Bebas Rokok

Tidak lama lagi Kota Bitung akan menerapkan peraturan dalam hal merokok(foto: ist)

Tidak lama lagi Kota Bitung akan menerapkan peraturan dalam hal merokok(foto: ist)

Bitung, Oke – Tidak lama lagi Pemkot Bitung akan memiliki Peraturan daerah(Perda) tentang kawasan bebas rokok. Perda yang mengatur tentang merokok itu masuk ke dalam agenda DPRD Kota Bitung dari lima Ranperda yang akan segera dibahas.

Kelima ranperda tersebut telah masuk dalam agenda program legislasi daerah (Prolegda) DPRD Bitung, akan segera dibahasa akhir April ini.

Keempat ranperda lain adalah nama-nama jalan (perda inisiatif), penyertaan modal PDAM, perubahan perijinan tertentu, dan ijin mempekerjakan tenaga kerja asing (IMTA).

“Selain kelima ranperda itu yang sesuai rencana akan mulai dibahas pada akhir April ini, DPRD juga akan mulai membahas laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPJ) kepala daerah yang juga direncanakan akan dibahas mulai April hingga bulan Mei mendatang,” jelas Sekretaris DPRD Bitung, Yoke Senduk. Menyangkut ranperda kawasan bebas rokok, menurut Senduk, hal itu meruakan salah satu prioritas yang akan dibahas.

Terkait hal itu, sejumlah personil Forum Kota Sehat (FKS) Bitung ikut mendorong agar Ranperda kawasan bebas rokok di Bitung itu dapat segera dibahas, mengingat hal ini sudah menjadi komitmen pemerintah kota termasuk DPRD untuk semakin memposisikan Bitung sebagai kota sehat. Lebih jauh lagi, kawasan bebas rokok sudah pernah dilakukan studi banding oleh Komisi A DPRD Bitung di Medah beberapa waktu lalu.

“Kami mendorong diadakannnya kawasan bebas rokok di Bitung, dan jika ini diadakan maka Bitung merupakan satu-satunya daerah di Sulut yang memberlakukan perda tersebut,” ujar personi FKS Bitung, Jifri Kotulus dan Marfel Tambanaung serta Hezki Goni.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr Vonny Dumingan menyambut gembira rencana DPRD akan segera membahas ranperda tetang kawasan bebas rokok tersebut.

“Memang ini telah kami ajukan dalam prolegda di dewan pada tahun lalu. Dan kami berharap ini mendapat respon dan persetujuan DPRDuntuk dapat dibahas,” ujar Dumingan.

Rencana ini pula mendapat sambutan dan dukungan dari Kepala Seksi Standarisasi Subsit Penyehatan Kawasan Sanitasi Darurat Direktorat Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, Yon Ferry saat melakukan kinjungan pemantauan dan pembinaan kota sehat di Bitung, Rabu (24/4).

“Ini langkah maju dan terobosan yang baik sekali dan luyar biasa jika Bitung memiliki Perda tentang kawasan bebas rokok. Kementerian Kesehatan akan menyambut dengan gembiran jika halealisasi,” ujarnya.(btgkt.go)

Comments

comments

Posted by on 25 April, 2013. Filed under Bitung,Breaking News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *