Absen 46 Hari Setahun, PNS Dipecat

Roy Tumiwa(foto: ist)

Roy Tumiwa(foto: ist)

Manado, Oke- Peraturan Pemerintah(PP) Nomor 53 tahun 2010 pasal 8 secara tegas menjelaskan sanksi pemecatan kepada PNS yang tidak masuk kerja selama 46 hari atau lebih dalam setahun, tanpa alasan yang jelas.

Demikian dikatakan Kepala BKD Sulut DR, Roy Tumiwa MPd sekaligus menjadi ‘warning’ bagi setiap PNS di lingkup Pemprov Sulut.

“Oleh karena itu PNS harus benar-benar dapat berprilaku disiplin dalam segala hal, termasuk kehadiran,” tukasnya.

Lanjutnya, sebagai peraturan pengganti dari PP Nomor 8 Tahun 1974, PP Nomor53 tahun 2010 sangat jelas mengatur tentang disiplin PNS.

“Aparatur negara yang mempunyai tugas pokok sebagai civil servant harus mampu menghapus image buruk masyarakat soal disiplin PNS,’’ ujar Tumiwa.

Secara teknis Tumiwa menjelaskan, dalam Pasal 8 PP 53 tahun 2010 dijelaskan bagi PNS yang tidak masuk kerja selama 5 sampai dengan 15 hari kerja tanpa alasan yang sah dikenai sanksi hukuman disiplin ringan dengan penjelasan untuk kealpaan 5 hari wajib diberikan teguran lisan, 6 sampai 10 hari teguran tertulis, 11 sampai 15 hari pernyataan tidak puas secara tertulis.

‘’Sedangkan PNS yang tidak masuk kerja selama 16 sampai 30 hari kerja tanpa alasan yang sah dikenai sanksi hukuman disiplin sedang berupa penundaan kenaikan gaji berkala, penundaan kenaikan pangkat, dan penurunan pangkat paling lama 1 tahun,’’ jelasnya sembari menambahkan bahwa untuk PNS yang tidak masuk kerja selama 31 sampai 45 hari kerja tanpa alasan yang sah dikenai sanksi hukuman disiplin berat yang terdiri dari penurunan pangkat paling lama 3 tahun, penurunan jabatan, pembebasan jabatan, sampai pada pemberhentian dengan hormat atau tidak hormat bagi PNS yang tidak masuk kerja selama 46 hari atau lebih.(hms/Jet)

Comments

comments

Posted by on 25 April, 2013. Filed under Breaking News,Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *