Program UC Untuk Semua Warga Manado

Robby Jansen Mottoh.(foto: ein/okemanado.com)

Robby Jansen Mottoh.(foto: ein/okemanado.com)

Manado, oke – Menanggapi pertanyaan sejumlah warga terkait prioritas program Universal Coverage (UC) atau yang biasa disebut dengan pengobatan gratis, Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado, dr. Robby Jansen Mottoh mengatakan bahwa program UC atau pengobatan gratis berlaku untuk semua warga kota Manado.

“Mereka yang mengantongi KTP Manado dan belum dijamin oleh Jamsostek secara otomatis akan menerima program UC,” Kata Mottoh saat dikonfirmasi via telepon, Minggu (21/4).

Ia menambahkan, program yang digagas Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Harley A. B. Mangindaan sebenarnya lebih mengarah kepada warga yang kurang mampu, tapi tidak menutup kemungkinan juga berlaku buat semua yang tercatat sebagai warga kota Manado.

“Program ini berlaku untuk pasien yang dirawat di ruangan tipe C,” ujarnya sembari menambahkan program pertama di Indonesia tersebut mengcover berbagai penyakit, termasuk cuci darah.

Sementara pegawai swasta yang telah mengantongi Jamsostek, kata pria murah senyum itu, tidak dijamin dalam program yang didukung oleh 5 rumah Sakit diantaranya, RS Advent Teling, RS Ratung Buisang dan RS Siti Maryam serta RSUD prof Kandou tersebut.

Dirinya berharap, warga yang kurang mampu akan benar-benar mengoptimalkan program ini. Namun, tidak mengenyampingkan pentingnya menjaga kesehatan tubuh karena jika fisik terganggu, otomatis akan berimbas pada aktivitas keseharian dan berdampak pada hasil pekerjaan itu sendiri.

“Jangan setelah ada program pengobatan gratis, kita menyepelekan urusan kesehatan, karena menjaga kesehatan itu perlu,” serunya.

Sementara itu, dari hasil evaluasi beberapa bulan terakhir, jumlah pengunjung pasien yang datang ke Puskesmas serta dan rumah sakir terus meningkat. Ini berarti bahwa program UC mulai dinikmati oleh masyarakat dan sudah banyak warga yang tahu tentang program andalan Vicky-Ai tersebut. Di samping itu, Mottoh kembali mengingatkan bahwa untuk menikmati program tersebut, warga cukup menunjukkan kartu keluarga (KK) dan KTP.

“Tidak akan dikenakan biaya sepeser pun, asalkan dua syarat sebelumnya dipenuhi,” pungkasnya.

Reporter: Robert Lalenoh

Comments

comments

Posted by on 21 April, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *