30-40 Persen Pasien di Manado Alami Gangguan Psikis

Pasien penderita gangguan psikis, mulai meningkat di Manado.(ilustrasi:ist)

Pasien penderita gangguan psikis, mulai meningkat di Manado.(ilustrasi:ist)

Manado, Oke–Meningkatnya pasien-pasien yang membutuhkan penanganan psikiater semakin mencemaskan. Pasalnya, dari informasi yang dirangkum, jumlah pasien penderita psikis mulai meningkat hingga mencapai angka 30-40 persen.

Meningkatnya jumlah pasien yang mencapai angka 30-40 persen ini, dikatakan beberapa dokter dan petugas kesehatan yang diwawancarai, mengatakan, ternyata sebagian besar pasien bukan hanya mengeluh soal sakit fisiknya saja, tetapi juga soal masalah psikis yang dihadapi mereka.

“Ada beberapa pasien yang ketika ditanyai sakit apa, mengaku bukan hanya sakit fisik semata melainkan adanya penekanan mental yang dideritanya. Hampir sebagian besar pasien yang saya temui, mengatakan hal yang sama. Jadi, kalau dihitung-hitung presentasinya bisa mencapai angka 30-40 persen,” kata dokter Edi.

Hal serupa pun ditambahkan Sherly. Salah seorang perawat di RSU Dokter Kandow, Malalayang, yang juga sementara menyelesaikan skripsinya dengan materi pasien psikiater membenarkan perhitungan dokter Edi. Dirinya pun mengakui, data yang dikantonginya juga seperti demikian.

“Setelah dihitung-hitung angkanya mencapai 30-40 persen, periode Sabtu (20/4) kemarin. Mungkin akan ada penurunan, karena beberapa pasien yang telah diserahkan ke pihak psikiater mengaku sudah mengalami perubahan. Semoga hal ini di kemudian hari bisa membaik,” ungkap Sherly ramah.(rep4)

Comments

comments

Posted by on 21 April, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *