Rumah Sakit Tidak Boleh Menolak Pasien

dr.Robby Jansen Mottoh.(foto: ein/okemanado.com)

dr.Robby Jansen Mottoh.(foto: ein/okemanado.com)

MANADO, okeKepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr Robby Jansen Mottoh kembali mengingatkan kepada pihak pengelolah rumah sakit (RS) untuk terus mengedepankan pelayanan terhadap masyarakat.

“Tidak boleh menolak pasien, apalagi dengan alasan pasien tidak memiliki uang untuk proses pembayaran,” kata Mottoh saat ditemui okemanado.com di ruang kerjanya, Jumat (19/4).

RS harus menjujung tinggi nilai-nilai sosial yang berorientasi pada pelayanan tanpa pandang bulu.

“Melayani dengan kasih menjadi satu keharusan,” singkatnya.

Jika ada RS yang coba-coba melanggar maka, sanksi berat menanti.

“Bila ditemukan, ijin operasi RS tersebut bisa saja akan langsung dicabut,” tegasnya.

Ia menambahkan, jika ketersediaan alat tidak memadai, bisa dilakukan proses rujukan ke RS yang alat-alat medisnya lebih lengkap, tapi dengan catatan ada pemberitahuan yang jelas kepada pasien agak tidak terjadi salah pengertian.

Sementara itu, Terkait biaya perawatan serta medis, Mottoh berharap tidak akan ada masalah yang ditimbulkan. Alasannya, karena saat ini pemerintah kota di bawah pimpinan Vicky-Ai telah mencanangkan program Universal Coverage (UC) atau yang sudah dikenal dengan sebutan pengobatan cuma-cuma untuk warga Manado. Namun, dirinya juga menegaskan bahwa program ini hanya berlaku kepada pasien yang dirawat di ruangan tipe C.

“Program ini berlaku untuk semua warga Manado, tapi alangkah baiknya jika program lebih banyak dinikmati oleh mereka yang kurang mampu,” harapnya.

Di sisi lain, dirinya juga tidak membantah jika program dinilai masih belum optimal.

“Ini merupakan program baru, sudah pasti masih banyak yang harus dievaluasi dan dibenahi,” sebutnya.

Meski demikian, pihaknya tetap bangga karena dari hasil pemantauan dan evaluasi yang dilakukan menunjukan bahwa jumlah pasien yang berkunjung ke RS terus meningkat.

“Artinya, UC telah direspon oleh warga kota Manado,” pungkasnya.

Reporter: Robert Lalenoh

Comments

comments

Posted by on 20 April, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

One Response to Rumah Sakit Tidak Boleh Menolak Pasien

  1. Robert Reply

    20 April, 2013 at 08:52

    Pak Kadis, dengan banyaknya org mampir ke RS tidak dpt dijadikan indikator bhw program UC berhasil, karena bukan tidak mungkin semakin banyak orang ke RS berarti semakin byk org Sakit berarti program pencegahan yang menjadi bagian dr lingkup tugas dinas kesehatan tidak berjalan baik.

    Kalo mau adil, program UC priorits ke org krg mampu tapi juga memikirkan kalangan menengah yg cuma ‘mkan gaji”. Katakanlah gaji pasien karyawan swasta 4Juta/bulan, no kalo nda minta minta dapa saki jantng/ginjal yg hrs cuci darah 1x jo 1mg x 800b/mg = 3,2jt/bulan. Mshkah qta kategorikan dia org mampu? bgm biaya anak seklah, makan, dll?
    UC apakah mengcover org sprti itu?

    Salam bakubae utk p”Wali/p’Wawali.Thx,GBU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *