Walikota Tomohon Serahkan Bantuan Sensitif dan Pencanangan Penanaman Padi

Walikota melakukan penaburan benih(foto: hms)

Walikota melakukan penaburan benih(foto: hms)

Tomohon, Oke – Pemerintah Kota Tomohon lewat Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan, menggelar acara penyerahan bantuan sosial kelompok tani peternakan dalam bentuk penguatan dan pengendalian insentif sapi betina bunting yang dirangkaikan dengan pencanangan penanam…an padi ladang yang dilaksanakan di lokasi perkebunan kelompok Tani Makaria Kelurahan Walian Kecamatan Tomohon Selatan, jumat(19/4).

Diawali dengan laporan yang disampaikan oleh Kadis Pertanian Peternakan dan Perikanan Jemmy Matindas, SP, dalam laporannya menguraikan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan produksi dan pendapatan petani demi terwujudnya petani yang tanngu dan sejahtera.

Ditambahkannya bentuk- bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan ditahun 2013 ini adalah penyerahan insentif sapi bunting akan diserahkan kepada 9 (sembilan) kelompok, masing-masing kelompok memperoleh 72 ekor dan total keseluruhan 648 ekor, pengembangan usaha, pengembangan infrastruktur, unit pengelolaan pupuk organik dan lain-lain, dan untuk kelompok tani penerima bantuan sosial ini yaitu kelompok tani nyiur melambai kel. Tumatantang satu, Kelompok Tani Tetetana Kel. Pangolombian, Kelompok tani werang kel. Matani tiga, kelompok tani Zano ne wuku kel. Matani dua, kelompok tani ma’tani kel. Matani tiga, kelompok tani mahkaria kel. Woloan dua, kelompok tani sehati kel. Kakasakasen dua, kelompok tani masawa-sawangan kel.lansot, dan kelompok tani nimaesaan wawo kel. Walian.

Pada kesempatan tersebut Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE,Ak, dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kota Tomohon telah merancang sasaran produksi ternak sapi dari populasi ternak sapi, untuk mendorong tercapainya program swasembada daging sapi tahun 2014, dan sasaran produksi tanaman pangan khususnya komoditi padi, dan diharapkan akan mencapai peningkatan termasuk didalamnya kontribusi padi ladang dengan profitas 2 ton per hektar.

Ditambahkannya berbagai program dan kegiatan diupayakan untuk pencapaian sasaran tersebut baik lewat anggaran Pemerintah Kota Tomohon maupun dukungan Pemerintah Provinsi bahkan dari Kementerian paertanian lewat anggaran tugas pembantuan.

Walikota berharap dengan adanya bantuan sosial yang dikucurkan dari pusat, tentunya harus ada sinergitas dan kerjasama serta dukungan antara semua pihak karena dengan adanya hal tersebut niscaya para peternak/petani di Kota Tomohon akan menjadi sukses dan mandiri.

Dalam acara Walikota menyerahkan bantuan tersebut kemudia pencanangan penanaman padi ladang dan demonstrasi kawin suntik pada sapi.

Hadir dalam acara tersebut yakni para Pejabat jajaran pemkot Tomohon, Anggota DPRD (Komisi C) Hofny S.C. Kalalo, SH Wakapolres Tomohon Kompol. Linston Bangkang, para kelompok tani penerima bantuan termasuk keterwakilan petani yang ada di Kota Tomohon.(hms)

Comments

comments

Posted by on 19 April, 2013. Filed under Breaking News,Ekonomi,Tomohon. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *