Tidak Mundur, Sangadi Berstatus Caleg Melawan Peraturan KPU

Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Koerniawan(foto: fb@nk)

Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Koerniawan(foto: fb@nk)

Kotamobagu, idmanado.co – Berhembusnya kabar perihal aksi sejumlah Sangadi(Kepala Desa red) di wilayah Kota Kotamobagu yang telah memasukan berkas pencalonan legislatif melalui Partai Politik Tertentu, cukup membuat gerah Assisten I Setdakot Kotamobagu Dolly Zulhadji. Menurutnya, Sangadi ataupun perangkat desa, sesuai aturan normatif, dalam hal ini Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2013, apabila ingin menjadi calon anggota legislatif, harus mengundurkan diri terlebih dahulu.

“Jika tidak, maka Sangadi atau perangkat desa itu melawan peraturan KPU,” tegasnya, Kamis(18/4).

Pernyataan tegas itu terlontar, karena disinyalir sudah ada Sangadi tertentu yang mendaftar sebagai bakal calon anggota legislatif, namun belum atau tidak mengajukan pengunduran diri dari jabatan Sangadi.

Hal senada dijelaskan Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Koerniawan.

“Untuk itu kami akan lebih ekstra dalam melakukan pemeriksaan berkas pencalonan,” tukas Nayodo.

Baik Dolly maupun Nayodo sepakat mengedepankan mekanisme resmi dalam mensikapi setiap keinginan Sangadi serta perangkat Desa yang cenderung memaksakan diri, namun tidak mengindahkan aturan resmi yang ada.(Knb)

Comments

comments

Posted by on 18 April, 2013. Filed under Breaking News,Bumi Totabuan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *