Vonis Bebas Pembunuh Farly Mongi, Hakim PN dan PT Manado Didemo Keluarga Korban

Ketua Pengadilan Negeri Manado, Armindo Pardede.(foto: dok-ptmanado)

Ketua Pengadilan Negeri Manado, Armindo Pardede.(foto: dok-ptmanado)

MANADO, oke – Puluhan keluarga Farly Mongi melakukan demo di depan kantor Pengadilan Negeri (PN) Manado, Rabu, (17/4) sekira pukul 12.30 Wita. Aksi damai itu merupakan bentuk kekecewaan keluarga terhadap Ketua Majelis Hakim Aris Bokko SH, yang memvonis  bebas Billy Kaloh yang diduga adalah aktor di balik terbunuhnya Farly pada 2012 lalu di depan KFC Megamas.

Selvie Kaeng, ibu Farly Mongi, dalam orasinya mengungkapkan putusan ketua majelis terindikasi sarat konspirasi. Bahkan orang tua korban menduga kuat, hakim Aris Bokko SH telah menerima suap dari para terdakwa sehingga membebaskan para terdakwa dari jeratan hukum.

“Kok Billy yang merupakan aktor terbunuhnya anak saya kenapa dibebaskan sedangkan kedua temannya ada yang divonis ringan dan ada juga yang berat. Kasus Billy Kaloh telah mencederai penegakan supremasi hukum serta  jauh dari rasa keadilan,” teriak ibu korban.

Ketua Pengadilan Negeri (PN) Manado Armindo Pardede yang diharapkan menerima aksi demo tidak menampakan batang hidungnya. Para pendemo hanya diterima hakim PN Manado Efran Basuning SH Mhum mewakili ketua PN.

Di hadapan para pengunjuk rasa, Basuning mengatakan bila ada nuansa KKN yang dilakukan para hakim yang memutus perkara itu, nanti akan diperiksa.

“Aspirasi kalian nanti saya  sampaikan kepada ketua PN. Keluarga  juga bisa mengambil salinan putusan agar supaya jelas dan mengetahui isinya,” kata  Basuning.

Stenly Lontoh SH, penasehat hukum korban dengan jelas menyebutkan sesuai fakta persidangan, keterangan saksi di TKP Andry Mangare dan alat bukti lainnya  tidak dipertimbangkan majelis hakim.

“Kenapa hakim tidak mempertimbangkan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) apalagi dalam tuntutan JPU 19 tahun penjara. Dalam memeriksa perkara telah salah dalam memutuskan  karena melebihi kewenangan,” jelas Lontoh.

Puluhan anggota kepolisian dari Polresta Manado diterjunkan untuk mengawal demonstrasi. Usai melakukan orasinya di kantor PN Manado, puluhan pendemo ini melanjutkan aksinya ke Pengadilan Tinggi (PT) Manado.

Reporter: Ibrahim Hiola

Comments

comments

Posted by on 17 April, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Kriminal,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *