Universal Coverage Membantu Warga Kurang Mampu

Universal Coverage.(foto: ilustrasi)

Universal Coverage.(foto: ilustrasi)

MANADO, oke – Program Universal Coverage (UC) atau biasa disebut pengobatan gratis yang digagas Walikota Manado, GS Vicky Lumentut bersama Wakil Walikota, Harley A. B. Mangindaan mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat. Menurut mereka, program yang baru digagas tiga bulan yang lalu itu telah menyentuh langsung warga yang tidak mampu. Hans Ferdinand Saerang, misalnya. Saat ditemui di RSUD Kandou mengatakan, program UC sangat menolong khususnya dari segi biaya kesehatan.

“Saya tidak dipungut biaya sepeser pun,” ujar pasien cuci darah/hemodialisa tersebut, Selasa (16/4).

Suzanna Frieda Sarapung, Pasien hemodialisa lainnya sangat berterima kasih kepada pemerintah kota yang mampu menerapkan program merakyat tersebut.

“Manfaatnya sangat luar biasa karena memudahkan masyarakat, khususnya yang kurang mampuĀ  untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis, apalagi untuk hemodialisa yang biayanya cukup mahal. Sekali cuci darah sampai jutaan rupiah. Terima kasih Pak Walikota,” ujar wanita yang tinggal di Winangun II Kecamatan Malalayang tersebut sembari meminta kepada Walikota agar program UC tetap dipertahankan.

Senada diungkapkan Indra Nusa, warga Perkamil kecamatan Paal Dua.

“Program UC sangat menolong. Pasien tidak dipersulit untuk mendapatkan haknya khususnya dalam pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Robby J. Mottoh saat dikonfirmasi mengatakan program UC merupakan program pengobatan gratis yang berlaku untuk semua warga Manado tanpa pandang bulu.

“Pasien tidak dikenai biaya. Syaratnya pun dipermudah, hanya menunjukan KTP sebagai bukti penduduk asli Manado,” terang Mottoh.

Meski demikian, Mottoh tetap berharap bahwa masyarakat tetap menjaga kesehatan.

“Bukan berarti telah ada pengobatan gratis, kita tidak lagi menjaga kebugaran fisik. Jika kita sakit, maka waktu kita dalam bekerja akan tidak optimal,” pungkas pria syarat pengalaman tersebut.

Reporter: Robert Lalenoh

Comments

comments

Posted by on 17 April, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *