Kabupaten dan Kota Pemekaran Berkontribusi untuk Pertumbuhan Ekonomi Sulut

Dr. SH Sarundajang dan Drs. Abdul Hakim Naja, MSi

Dr. SH Sarundajang dan Drs. Abdul Hakim Naja, MSi

MANADO, okemanado—Kabupaten dan kota pemekaran berkontribusi untuk Pertumbuhan Ekonomi Sulut. Realisasi program-program pembangunan di daerah otonom baru (DOB), yaitu Kabupaten Minut, Kabupaten Minsel, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kota Tomohon, Kabupaten Mitra, Kabupaten Bolmong Utara dan Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Bolmong Selatan dan Kabupaten Bolmong Timur, menunjukakan perkembangan dan kemajuan yang sangat signifikan bagi peningkatan pelayanan publik, perkembangan ekonomi produktif masyarakat dan kesejahteraa masyarakat. Demikian penjelasan yang disampaikan Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang di hadapan Tim Komisi II DPR RI, Senin malam (15/4) yang dipimpin oleh Drs. Abdul Hakim Naja, MSi, di Gubernuran Bumi Beringin Manado.
Menurut Sarundajang, kemajuan yang dicapai antara lain dapat dilihat dari pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur jalan, jembatan, irigasi, telekomunikasi, perbankan, pendidikan dan kesehatan, yang telah terbangun sehingga mampu menggerakkan kegiatan ekonomi daerah. “Perkembangan dan kemajuan ini mampu meningkatkan PAD dan memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut rata-rata di atas 6%-7% dan perkembangan ini secara akumulatif telah memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi Sulut pada tahun 2012 sebesar 8%. Perkembangan dan kemajuan di 6 kabupaten dan kota DOB justru mampu melampaui perkembangan kabupaten induknya. Dengan demikian tujuan pemberian otonomi kepada daerah melalui pemekaran daerah di Sulut secara umum dapat tercapai,” jelasnya. (hms)

Comments

comments

Posted by on 16 April, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *